Minggu, 15 Des 2019 10:57 WIB

Modif Berfaedah, Kembaran Sirion Disulap Ramah Disabilitas

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Ridwan Arifin Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - Inspirasi dalam memodifikasi lahir dari manapun, seperti yang terjadi pada Hadi, salah satu kontestan Internasional Automodified seri Johor Bahru, Malaysia. Mobil Perodua Myvi lansiran tahun 2007 miliknya ini disulap menjadi lebih segar atas saran dari istrinya.

"Inspirasi daripada saya punya bini-lah, ingin punya kereta (mobil) yang seperti VIP," kata Hadi kepada detikcom di Johor Bahru, Malaysia, Minggu (8/12/2019).


Sekedar informasi Perodua Myvi bila di Indonesia merupakan salah satu produk city car Daihatsu, yakni Sirion.

Hadi mengatakan Myvi merupakan salah satu produk yang digemari oleh warga Malaysia. Ia ingin modifikasi Myvi generasi pertama miliknya ini tampil sporty khas JDM tanpa ubahan berlebihan dan bisa menjadi inspirasi.



Sebagai langkah awal, Hadi langsung merubah Myvi miliknya menjadi Toyota Passo dengan body kit Kenstyle dari Jepang. "Konsep ini kita lebih kepada Kenstyle," tutur Hadi.

Modif Berfaedah, Kembaran Sirion Disulap Ramah DisabilitasFoto: Ridwan Arifin


Semua serba Jepang, termasuk pada bagian kaki-kaki. Ia menggunakan Wado Sakura keluaran R-Pride berukuran 17-inci, yang dibalut pada ban Sportrak berukuran 205/40 R-17.

Kehadiran komponen karbon pada dashboard dan panel pintu, memberi aura lain pada mobil berkapasitas 1.000 cc ini. Penambahan roof rack pada bagian atap juga turut memberi kelapangan pada kabin mobil.


"Sebab kita bisa tampung barang di atas, karena di dalam kan sudah tidak begitu luas untuk mobil ini," tutur Hadi.

Selain mengusung Kenstyle, Hadi menambahkan modifikasi seperti Toyota Passo, yakni kursi prioritas yang memudahkan untuk para penyandang disabilitas. Taksiran harganya berkisar antara RM 2000 hingga RM 3000.


"Order kita dari Jepang, memang original Toyota Passo. Kalau buka katalog ada untuk OKU (Orang Kurang Upaya) spek. Kita tidak modifikasi hanya tinggal plug and play," kata Hadi.

"Saya buat ini untuk orang kurang upaya (disabilitas) supaya melihat hasil modifikasi saya. Sudah banyak yang terbantu, sejak saya buat bengkel sendiri, selama ini sudah 5 orang datang dan bilang hasilnya memuaskan," sambungnya.

Simak Video "108 Mobil Adu Kece di IAM Singapura"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com