Minggu, 20 Okt 2019 12:10 WIB

Aturan Main Ganti Pelek Mobil yang Aman dan Nyaman

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Ridwan Arifin Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - Jika bosan dengan tampilan mobil yang standar, Anda bisa saja memodifikasi ringan dengan mengganti pelek untuk mempercantik tampilan. Namun sebelum menggantinya, perlu diperhatikan aturan mainnya agar mobil bisa dikendarai dengan aman dan nyaman.

Salah satunya mengganti pelek dengan ukuran yang lebih besar. Namun, jika Anda asal mengganti pelek saja tanpa memperhatikan unsur kenyamanan dan keselamatan, tentu bakal berisiko.



Direktur Marketing HSR Wheel Hendra Wijaya mengungkapkan untuk mobil yang ingin keren namun tetap nyaman digunakan harian sebaiknya tetap memperhatikan batas yang disarankan pabrikan.

"Mau keren untuk dipakai daily, itu harus disesuaikan. Saran dari pabrik ATPM itu biasanya maksimal naik dua inch dari standar biasanya. Itu kalau mau aman dan nyaman," jelas Hendra.



Memang bila menaikkan ukuran pelek lebih dari yang dianjurkan memiliki konsekuensinya. Ukuran yang lebih besar tersebut pasti membuat mobil tidak nyaman. Sebab, semakin besar pelek, maka profil ban akan tipis menyesuaikan diameter roda secara keseluruhan.

Hendra menambahkan penampilan mobil modif yang menarik disesuaikan dengan selera masing-masing dan kebutuhan pemilik mobilnya.

"Konsep dulu mobilnya apa, kalau untuk kontes silakan pakai pelek yang sebesar-besarnya. Karena itu memang untuk style nggak dipakai untuk daily (harian)," ujar Hendra kepada detikcom di Jakarta.

Simak Video "Perubahan Sisi Desain dan Fitur Yamaha MT 25"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com