Senin, 27 Mei 2019 07:24 WIB

Mau Hilangkan Aroma Tidak Sedap di Kabin Mobil? Coba Pakai Pandan

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Iris kecil daun pandan simpan di bagian dasbor atau bagian mobil lainnya Foto: iStock Iris kecil daun pandan simpan di bagian dasbor atau bagian mobil lainnya Foto: iStock
Jakarta - detikers mau mudik tapi kabin mobil sering bau tidak sedap? Coba menggunakan daun pandan. Efeknya sama seperti kopi, akan menyerap bau-bau tidak sedap di kabin mobil.

Demikian disampaikan Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Suparna saat bertemu dengan detikcom di Jakarta.
"Kalau mau ada satu tips yang murah, pakai daun pandan, diiris sendiri kecil-kecil, ini nanti baunya jadi kayak kacang hijau, tapi nggak usah banyak-banyak, dan jangan berlama-lama, kalau seminggu didiamkan di mobil, malah akan muncul bau apek. Pandan ini seperti kopi dia menyerap aroma bau," ujarnya.

Suparna sudah mempraktikkan sendiri tips murmer ini di mobilnya. Dan kadang penumpang mobil suka penasaran kenapa di mobil Suparna suka ada pandan. "Ya saya taruh saja di pojok-pojok dasbor," ujarnya.



Sementara jika ingin pakai kopi, bentuk kopinya sendiri bisa berupa serbuk atau biji, langsung diletakkan pada bagian yang mengeluarkan aroma tak sedap menggunakan wadah kecil.

"Kopi ini memiliki khasiat menetralisir bau tak sedap dalam kabin. Tinggal letakkan saja, sampai bau tak sedap tadi hilang atau tak tercium lagi," ujar Suparna.

Saat membersihkan mobil, Suparna menyarankan agar dilakukan pada ruang terbuka. Kondisi ini dilakukan demi alasan kesehatan pemilik mobil juga, agar debu atau kotoran dari kabin bisa langsung keluar tidak terakumulasi dalam suatu ruangan.



Namun jika mobil sudah terlanjur sangat bau apek karena bakteri, dia mengatakan salah satu solusinya adalah menghilangkan bakteri dengan terapi ozone. "Baunya bakal beda, kotoran yang menempel di plafon, di jok kain terutama, karpet, bisa efektif membunuh bakteri, dengan mengondisikan itu mudik tidak ada masalah," ujarnya.


(ddn/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com