Jumat, 12 Apr 2019 19:44 WIB

Laporan dari Malaysia

Orang Malaysia Malas Modif Avanza Cs

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Luthfi Anshori Foto: Luthfi Anshori
Kuala Lumpur - Meski peminat mobil keluarga (LMPV atau Avanza cs) cukup tinggi di Malaysia, ternyata sedikit sekali yang berminat untuk memodifikasinya. Kebanyakan dari warga negeri Jiran tersebut mempercantik mobil berjenis sedan dan coupe.

Salah satu alasannya karena skema perpajakan yang membuat mobil berjenis tersebut sangat terjangkau (lebih murah dibanding Indonesia). Sehingga bila memang ada niatan untuk masuk dunia modifikasi, dari awal mereka mencari mobil berjenis itu.



"Mobil keluarga (Low MPV) kurang manis dibanding sedan ataupun coupe bila dimodifikasi. Harganya pun tak terlalu berbeda jauh. Jadi biasanya kalau memang berniat modif, kami langsung cari mobil seperti itu," ujar salah satu peserta kepada detikcom di International Automodified (IAM) Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (12/4/2019).

"Mobil besar seperti itu (LMPV) biasanya ya kami gunakan untuk keluarga saja. Jadi tidak untuk dimodif sedemikian rupa. Kalau memang ingin modif paling hanya pelek saja, bagian yang bisa dipercantik sedikit," lanjut pria asal Bangladesh, India tersebut.

Dikesempatan serupa, CEO PT HIN Promosindo, Reza Aliwarga selaku penyelenggara juga menyatakan bahwa mobil keluarga seperti Avanza Cs sangat sedikit yang diikutkan kontes modifikasi di Malaysia.



"Di sini mobil keluarga kurang ramai ya (modifikasinya). Kebanyakan mobil sedan dan coupe yang memang jarang kita lihat di Indonesia seperti Nissan Silvia, GT-R, Chevrolet Camaro, dan sebagainya. Mobil retro juga ada yang masuk. Karena itu dunia modifikasinya menarik," kata Reza. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com