Sabtu, 23 Feb 2019 19:20 WIB

Modifikasi VW Kombi Mesin Listrik Bertenaga Matahari

Rizki Pratama - detikOto
Modifikasi Volkswagen Foto: Pool (InsideEV) Modifikasi Volkswagen Foto: Pool (InsideEV)
Jakarta - VW kombi adalah salah satu jenis kendaraan yang desainnya tak lekang oleh waktu. Meski hanya bermodel kotak mobil ini masih banyak peminatnya baik untuk sekedar dipugar atau dimodifikasi sesuai kebutuhan.

Ukurannya yang besar memberikan ruang untuk berbagai penanaman fitur pada mobil ini. Tak terkecuali memasang solar panel sebagai sumber energi kendaraan.



Jika anda ingin menggunakan mobil jenis ini untuk liburan menyusuri jalan yang disinari matahari, pemasangan solar panel akan menghemat kocek. Belum lagi kabin yang luas memungkinkan penambahan berbagai perangkat hiburan atau kebutuhan kenyamanan perjalanan jauh.

VW kombi bertenaga surya ini terinspirasi oleh mobil golf bertenaga surya. Brett Belan pembuat VW kombi ini membangun mobil ini selama belasan tahun. Berbasi VW kombi tahun 1973 yang sudah tidak bisa berjalan kini mobil tersebut bisa melaju tanpa bahan bakar fosil ataupun menunggu charging listrik terisi penuh.



Dari luar, perubahan yang paling mencolok adalah atap panel surya besar yang luasnya menyamai luas atap mobil tersebut. Menariknya solar panel ini bisa digerakkan untuk mendapatkan sudut serapan tenaga surya yang pas.

Di dalamnya ada tempat tidur dua tingkat sebagai tempat istirahat. Belan mengatakan orang dewasa bisa berdiri tegak di dalam mobil tersebut.

Van ini mengandalkan motor listrik AC HPEVS berpendingin udara yang terhubung ke pengontrol Cutis. Baterainya memang diakui sedikit unik karena Belan memilih untuk menggunakan baterai lead-acid ketimbang lithium. Motor listrik ini mampu menempuh jarak 50 mil dalam sekali pengisian penuh.

Belan mengatakan nantinya dia ingin menukar mesin ini dengan paket yang dibuat dengan bahan kimia dan lebih modern. Harapannya mesin tersebut berpotensi melipatgandakan jarak tempuhnya menjadi 200 mil atau 320km. Peningkatan lainnya juga akan mengganti konfigurasi solar panel menjadi solar awning yang dapat meningkatkan kemandirian jaringan listriknya.

[Gambas:Youtube]

(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed