Jumat, 18 Jan 2019 10:56 WIB

Lebih Gampang Bikin Mobil Muka 2 Ketimbang Mobil Roda 8

Mochamad Solehudin - detikOto
Mobil Roda 8 dari Bandung. Foto: Mochamad Solehudin Mobil Roda 8 dari Bandung. Foto: Mochamad Solehudin
Bandung - Roni Gunawan merupakan pemilik sekaligus pembuat mobil berwajah dua dan mobil beroda delapan. Untuk membuat kedua mobil itu ada kesulitan tersendiri. Lalu lebih sulit mana pembuatan mobil berwajah dua atau roda delapan yang saat ini masih dalam tahap penyelesaian?

Roni mengaku, membuat mobil beroda delapan memiliki tingkat kesulitan yang lebih ketimbang saat membuat mobil bermuka dua. Untuk membuat mobil berwajah dua dia tinggal memotong bagian tengah di masing-masing mobil dan kemudian disatukan.

Sementara dalam pembuatan mobil beroda delapan memerlukan kecermatan yang lebih. Dia harus mengukur secara presisi dalam proses pemasangan enam roda di bagian belakang.



"Bikin mobil muka dua lebih gampang, tinggal potong tengah-tengah terus dilas yang kuat. Kalau yang ini (mobil roda delapan) kan harus ubah sasis juga. Harus rata antara ban atas dan bawahnya," kata Roni, saat ditemui di bengkel GR Taksi, Jalan Babakan Cibeureum, Kota Bandung.

Dia menjelaskan, untuk membuat mobil beroda delapan ini dibantu oleh dua orang tukang las dan dua orang tukang cat. Proses pengerjannya semua dilakukan di Bengkel GR Taksi sebagai tempatnya bekerja.

Waktu pengerjaannya juga cukup panjang sudah dimulai sejak 29 Agustus 2018. Sampai saat ini mobil roda delapan itu baru selesai sekitar 80 persen. Karena ada beberapa ubahan yang belum selesai seperti bagian interior.



"Bagian yang diubah itu pintu belakang kita hilangkan. Terus kita tambah ban. Untuk interior belum selesai, tapi kita nggak bakal banyak diubah," ucapnya.

Meski begitu, dia menyatakan, tidak ada kendala berarti dalam mewujudkan mobil impiannya itu. Dia bersama anak buahnya telah mampu menyelesaikan beberapa bagian tersulit dalam membuat mobil roda delapan ini.

"Sulitnya adalah, kita punya konsep yang dipikirkan kita. Saya tidak bisa komputer, gambar jadi langsung praktekin saja. Kita coba-coba," ucapnya.



Tonton video 'Usai Mobil Bermuka Dua, Kini Muncul Sedan Beroda 8 dari Bandung':

[Gambas:Video 20detik]

(mso/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com