Rabu, 19 Sep 2018 09:08 WIB

Pamor

Mobil Rusia Tahun 1959 Tahan Banting dan Anti-keropos

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Gaz Commando Foto: Dadan Kuswaraharja
Bandung -

[Gambas:Video 20detik]


Coba Otolovers sebut mobil-mobil yang sudah berumur hampir 60 tahun? Adakah kondisinya yang masih terawat atau tahan banting? Mobil ini menjawab beberapa pertanyaan itu.

Mobil ini adalah Gaz Commando tahun 1959. Menurut pemiliknya, Budiarto, warga asal Bandung, mobil merupakan mobil asli Rusia. Merek Gaz sendiri akhir-akhir ini tengah ramai diperbincangkan di kalangan otomotif tanah air karena kabarnya akan segera masuk ke tanah air.




"Saya salut mobil ini, sungguh kuat, coba bayangkan saja besinya sangat kuat, dari 1959, jangankan bodi, deknya saja belum ada yang keropos atau terkena karat. Nggak ada yang dilas," ujarnya saat berbincang dengan detikOto di Bandung beberapa waktu lalu.

Bagian dalam mobilBagian dalam mobil Foto: Dadan Kuswaraharja


Dia pun mempersilakan detikOto untuk melihat kendaraan favoritnya itu. Saat detikOto mencoba alas karpet, memang tidak terlihat adanya karat, meski komponen-komponen mobil tua masih fungsional.

"Joknya juga masih asli, itulah canggihnya Soviet ya," ujarnya sambil tersenyum.




Pernah satu waktu, dalam sebuah acara, Budi mempersilakan anak-anak SD untuk melihat kendaraannya. Karena ini mobil jarang terlihat di jalanan, anak-anak SD itu tertarik. "Ada kali ya 20 anak SD naik mobil, dan mobilnya saya jalankan," ujarnya terkekeh-kekeh.

Namun agar lebih nyaman, Budi memodifikasi mobilnya seperti di bagian mesin, kaki-kaki. Kelistrikan dan lampu utama pun harus diganti.



Cek video Kejar-kejaran Mobil Jadul Vs Dishub ala 'Fast & Furious'
-----------
Otolovers memiliki motor atau mobil modifikasi yang keren dan ingin direview detikOto? Jangan lupa kirim ke Parade Modifikasi Motor dan Mobil ya. Simak caranya dengan mengklik link situs Pamor ini.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com