Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 04 Januari 2018, 16:28 WIB

Melihat Perjalanan Bule Nekat dari Belanda-Australia Naik Mobil Listrik

Muhammad Idris - detikOto
Melihat Perjalanan Bule Nekat dari Belanda-Australia Naik Mobil Listrik Mengecas laptop dari baterai mobil listriknya untuk bekerja (Foto: Instagram/plugmeintravel)
Jakarta - Salah satu kendala bepergian menggunakan mobil listrik paling umum saat ini yakni jarak tempuhnya yang terbatas. Ini lantaran belum banyak stasiun pengisian listrik di sejumlah kota dunia. Namun, kendala jarak tersebut bukan halangan bagi seorang pria Belanda, Weibe Wakker, menjelajahi 31 negara dengan mobil listrik sejauh 52.000 km.

Pria berusia 31 tahun ini sudah menghabiskan waktu hampir 2 tahun mengendarai mobil listriknya dari Belanda, tepatnya sejak Maret 2016 lalu. Tujuan akhirnya, yakni Australia.

"Tidak ada jalan buntu dalam hidup. Tapi jika kamu kemudian merasa pelu berbalik arah, temukan jalan baru. Kamu akan selalu memiliki pilihan," kata Weibe postingan terbarunya di Instagram saat berada di Ngawi sebagaimana dikutip detikOto, Kamis (04/01/2018).

[Gambas:Instagram]



Bukan mobil listrik pabrikan yang dipakainya, melainkan sebuah mobil jenis Volkswagen Golf Variant yang dimodifikasi menjadi bertenaga listrik. Tak kurang dari 80 ribu euro dikeluarkannya untuk memodifikasi mobilnya.

VW Golf sebelum berubah menjadi mobil listrikVW Golf sebelum berubah menjadi mobil listrik Foto: Instagram/plugmeintravel


"Untuk memodifikasinya butuh biaya 80 ribu Euro. Baterainya memang sangat mahal," ujar Weibe saat mampir di Kota Solo belum lama ini.

Mobil setelah selesai dimodifikasi dan menggunakan tenaga listrikMobil setelah selesai dimodifikasi dan menggunakan tenaga listrik Foto: Instagram/plugmeintravel


Setiap hari ia harus mengisi daya baterai selama 12 jam. Daya yang penuh dapat membawanya hingga jarak 200 km.

Perjalanannya terbilang sangat nekat. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, dia lebih banyak mengandalkan bantuan orang-orang di tempat yang ia singgahi. Seringkali ia menginap dan menumpang mengisi daya listrik di rumah warga. Bahkan, dia sempat bekerja beberapa bulan di Malaysia.

Kadang dia ngecas mobilnya dengan ilegal di SPBUKadang dia ngecas mobilnya dengan ilegal di SPBU Foto: Instagram/plugmeintravel


"Without any money," begitu dia berkata.

Menurutnya, tujuan dari perjalanannya yaitu untuk mengampanyekan pengembangan energi berkelanjutan. Melalui mobil listriknya, dia berharap agar pemerintah dan masyarakat mulai beralih untuk menggunakan energi yang lebih ramah lingkungan.


Melihat Perjalanan Bule Nekat dari Belanda-Australia Naik Mobil ListrikFoto: Instagram/plugmeintravel

Beberapa pengalaman seru dia ceritakan, seperti salah satunya saat berada di India. Sepanjang perjalanannya di India, dia harus berjibaku dengan pengendara kendaraan yang tidak tertib. Sedangkan di Indonesia, dia sempat mengalami tabrakan dengan pemotor.

Di Indonesia, dengan mengendarai mobil listriknya, dia sempat Sanggau dan Pontianak di Kalimantan, kemudian menyebrang ke Semarang dan singgah di Solo dan Yogjakarta. Lokasi-lokasi yang disinggahinya rajin diposting lewat akun Instagram miliknya di Plugmeintravel.

Di PrambananDi Prambanan Foto: Instagram/plugmeintravel


Selepas dari Pulau Jawa, dirinya berencana menjelajahi Bali, Lombok, dan terus ke Timur hingga ke Flores. Setelah dari Indonesia, Weibe kemudian melanjutkan perjalanan ke Timor Leste, sebelumnya menyeberang ke titik akhir di Australia.

Beberapa negara yang sudah dilalui dengan mobil listriknya antara lain Jerman, Italia, Norwegia, Swedia, Finlandia, Belarusia, Polandia, Ukraina, Rumanis, Turki, Iran, India, Myanmar, Thailand, Malaysia, dan Singapura. (idr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed