Afghanistan Negara Miskin Kok Bikin Mobil Gaya Lamborghini?

ADVERTISEMENT

Afghanistan Negara Miskin Kok Bikin Mobil Gaya Lamborghini?

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 22 Jan 2023 15:45 WIB
Mobil sport buatan Afghanistan di bawah pemerintahan Taliban
Mada 9 akan berganti nama jadi
Jakarta -

Afghanistan di bawah kekuasaan Taliban unjuk gigi dengan mengklaim sudah membuat mobil bergaya sport ala Lamborghini. Setelah prototipe yang disebut Mada 9 itu diperkenalkan, tapi di masa mendatang namanya akan berganti menjadi "Black Swan" atau Angsa Hitam.

Usut punya usut, nama mobil yang dikerjakan lebih dari 5 tahun itu terinspirasi dari alam liar Australia. Seperti diketahui mobil purwarupa itu digarap oleh Institut Kejuruan Teknis Afghanistan dan perusahaan desain mobil bernama ENTOP. Sebanyak 30 insinyur dan desainer terlibat dalam proyek pengembangan Mada 9.

Dicuplik dari situs YouTube ENTOP, Minggu (22/1/2023) Chief Executive ENTOP, Muhammad Raza Ahmadi menjelaskan pembuatan mobil itu itu akan menjadi titik balik bagi Afghanistan, khususnya pandangan dunia terhadap negara yang kini dikuasai kelompok Taliban. Nama Black Swan dianggap cocok lantaran para penjelajah Eropa yang terkejut ketika menemukan spesies angsa hitam di Australia Barat.

"Orang asing percaya bahwa semua orang di Afghanistan miskin dan membutuhkan bantuan kemanusiaan untuk bertahan hidup," katanya.

"Dalam situasi seperti itu, penemuan mobil ini dapat dilihat seolah-olah angsa hitam telah muncul dari antara angsa putih," tambahnya lagi.

"Saya pikir kita harus menamakannya Black Swan agar ingatan sejarah bangsa ini tidak pernah lupa bahwa masih ada harapan apapun yang mereka alami," sambung dia.

Wujud mobil Mada 9 terlihat seperti supercar ala Lamborghini. Banyak guratan aerodinamis di setiap tubuhnya, dipandang dari sisi manapun terlihat sporty dan sangar. Kesan agresif bertambah karena penggunaan lampu LED yang tipis di area muka dan belakang.

Menariknya lagi, Mada 9 menggunakan tata letak mesin tengah seperti sportcars kebanyakan. Dengan metode itu, umumnya distribusi berat lebih merata, sehingga stabilitas kendaraan, traksi meningkat.

Kendati demikian, dikutip dari TimesofIndia, Mada 9 tak seperti Lamborghini punya jantung pacu sangar V12. Mesin Mada 9 itu dibangun dari basis Toyota Corolla 1.8 liter, 16 katup VVT-i, 4 silinder. Namun mesin tersebut sudah dimodifikasi untuk performa yang lebih gahar, walaupun angka teknisnya belum terungkap ke publik.



Simak Video "Taliban Larang Perempuan Kuliah, Gerbang Kampus Dijaga Tentara"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT