Beda Transmisi CVT di Kijang Innova Zenix Bensin dan Hybrid

ADVERTISEMENT

Beda Transmisi CVT di Kijang Innova Zenix Bensin dan Hybrid

Dina Rayanti - detikOto
Rabu, 30 Nov 2022 18:48 WIB
Jakarta -

Tidak ada lagi pilihan transmisi manual pada Toyota Kijang Innova Zenix. Keseluruhan model Kijang Innova Zenix sudah menggunakan transmisi CVT berkode K120. Namun ada sedikit berbeda pada varian hybrid. Kijang Innova Zenix hybrid diketahui mengusung transmisi e-CVT sementara versi bensin menggunakan transmisi CVT pada umumnya.

Head Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi menjelaskan seluruh mobil hybrid Toyota yang berbekal transmisi CVT sudah pasti mengusung e-CVT. Adapun huruf e di depan menandakan electric. Keduanya pun memiliki perbedaan cara kerja.

"Untuk e-CVT ada motor listriknya yang fungsinya ya sebagai penggerak dan menghidupkan mesin," jelas Didi.

Sementara pada mesin bensin ungkap Didi, untuk menghidupkan mobil menggunakan motor starter seperti pada mobil lain pada umumnya.

"Untuk yang bensin mesin dihidupkan oleh motor stater seperti layaknya mobil konvensional, sedangkan model hybrid menggunakan motor yang ada di transmisi (e-CVT)," tambah Didi.

Adapun keberadaan transmisi CVT di Kijang Innova Zenix itu membuat penggunaan bahan bakar lebih efisien, akselerasi lebih baik, dan pergerakan lebih senyap.

Kombinasi antara sabuk baja dan gigi transmisi memperlebar jangkauan rasio transmisi untuk mengail potensi tenaga mesin pada kondisi berkendara dinamis. Dengan itu, Toyota menambahkan roda gigi dengan rasio 3,337 untuk maju dan 3,136 untuk mundur yang bersinergi dengan rasio sabuk baja CVT pada rentang 2.236-0,447. Sementara final gear ratio 4,262 memastikan akselerasi yang mudah di berbagai kondisi dan beban berkendara serta performa engine brake optimal.

Lalu ada juga mode Sequential Shiftmatic 10-speed yang diadopsi untuk memungkinkan perpindahan gigi seperti halnya pada mobil manual/ Sistem ini memungkinkan perpindahan gigi di semua gigi hanya dengan menggerakkan tuas transmisi ke + atau - saat posisi tuas di M.

(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT