Kijang Innova Zenix Jangan Nekat Nenggak Revvo 90-Pertalite, Ini Bahayanya

ADVERTISEMENT

Kijang Innova Zenix Jangan Nekat Nenggak Revvo 90-Pertalite, Ini Bahayanya

Dina Rayanti - detikOto
Rabu, 30 Nov 2022 09:48 WIB
Toyota Kijang Innova Zenix
Kijang Innova Zenix jangan coba-coba pakai Pertalite atau Revvo 90. Foto: Toyota Astra Motor
Jakarta -

Mesin dengan rasio kompresi tinggi sejatinya membutuhkan bahan bakar dengan kandungan oktan yang juga tinggi. Atau untuk lebih pastinya, pengendara bisa mengikuti rekomendasi pabrikan yang tertera dalam buku manual kendaraan.

Misalnya untuk Toyota Kijang Innova Zenix yang memiliki rasio kompresi mesin 13,0:1, membutuhkan bahan bakar dengan kadar oktan minimal 91. Sekalipun rasio kompresi mesinnya terbilang tinggi, Head Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi menjelaskan syarat oktan minimal Kijang Innova Zenix adalah oktan 91.

Karena BBM oktan 91 tidak tersedia di Indonesia, maka rekomendasi BBM yang cocok setidaknya adalah RON 92. Untuk jenisnya ada Pertamax, Shell Super, Revvo 92, dan BP 92. Jangan nekat untuk menggunakan BBM dengan kadar oktan di bawah itu seperti Pertalite ataupun Revvo 90 karena berisiko terhadap performa mesin.

"Kalau di bawah itu risiko kepada penumpukan kerak karbon, emisi gas buang dan performa (berlaku untuk bensin dan hybrid)," jelas Didi saat dikonfirmasi detikcom.

Ya, menggunakan BBM dengan spesifikasi di bawah yang dianjurkan akan menimbulkan dampak tersendiri. Seperti dijelaskan Didi, risiko tersebut meliputi penurunan kualitas emisi gas buang.

Performa mobil yang misalnya lebih spontan, boleh jadi dengan penggunaan BBM di bawah rekomendasi malah jadi lemot lantaran memiliki titik bakar berbeda. Kemudian, potensi penumpukan kerak karbon di ruang bakar piston serta dinding silinder juga bisa terjadi.

Sebaliknya, mengisi BBM sesuai rekomendasi pabrikan tidak akan membuat pengendara merugi. Bahan bakar yang sesuai akan membantu meningkatkan efisiensi mesin yang berujung pada penghematan bahan bakar. Tenaga yang sesuai spesifikasi masin juga membuat kamu tidak perlu memaksakan menekan pedal gas yang membuat boros BBM. Kondisi mesin yang terjaga membuatnya lebih tahan lama sehingga mudah dalam perawatan.



Simak Video "Innova Pakai FWD, Toyota Nggak Takut Konsumen Kabur?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT