Wah! Ternyata Harga Toyota Kijang saat Pertama Kali Dijual Cuma Segini

ADVERTISEMENT

Wah! Ternyata Harga Toyota Kijang saat Pertama Kali Dijual Cuma Segini

Dina Rayanti - detikOto
Selasa, 29 Nov 2022 08:36 WIB
Toyota Kijang generasi pertama
Tampang Toyota Kijang generasi pertama yang dijual Rp 1,3 juta. Foto: Toyota
Jakarta -

Toyota Kijang kini sudah berusia 45 tahun. Puluhan tahun mengisi pasar otomotif Indonesia, tentu sudah banyak sejarah yang diukir oleh MPV satu ini. Harga jualnya pertama kali pun tak kalah membuat penasaran. Tahu enggak kamu berapa harga Toyota Kijang pertama kali?

Mengutip laman resmi Toyota Global, dalam sebuah dokumen yang dirilis 9 Juni tahun 1977, terungkap Kijang pertama kali dijual seharga Rp 1,3 juta. Saat itu Toyota menargetkan bisa menjual 200 unit Kijang setiap bulan.

Kijang yang dulu bukan seperti yang kamu lihat saat ini dan bentuknya belum menyerupai MPV (Multi-Purpose Vehicle). Kijang perdana hadir sebagai Basic Utility Vehicle atau disingkat BUV. Bentuknya pick-up dan memiliki kapasitas angkut hingga 855 kg.

Kijang sudah didesain sedemikian rupa agar memuat beragam jenis dek di bagian belakang. Dengan begitu, kebutuhan konsumen akan kendaraan pengangkut segala jenis barang bisa terpenuhi.

Ketika itu, mobil pikap Kijang memiliki hidung atau bonnet yang menjadi ciri khasnya, bahkan sampai disebut Kijang Buaya karena saat kap mesinnya dibuka seperti mulut buaya yang menganga.

Toyota lebih memilih menempatkan mesin Kijang di depan di bawah kap mesin. Peletakan mesin di bagian depan didasari oleh riset dan Toyota pada faktor keamanan, di mana mesin depan dinilai lebih aman dibandingkan jika mesin berada di bawah tempat duduk depan yang umum diaplikasikan pada masa itu.

Keunggulan tersebut memungkinkan Toyota Indonesia untuk memproduksi Kijang tipe cab sebagai platform dasar karoseri minibus. Sambutan positif langsung diberikan oleh masyarakat yang mendambakan kendaraan minibus dengan harga terjangkau, praktis, perawatannya mudah, daya angkut besar, dan aman.

Berikut spesifikasi Toyota Kijang yang kala itu dijual Rp 1,3 juta.

Mesin: 1.166 cc
Output: 61 daya kuda pada putaran 6.000 rpm
Torsi: 8,7 kg.m pada putaran 4.200 rpm
Jarak Sumbu Roda: 2.500 mm
Bobot kendaraan: 940 kg
Kapasitas angkut: 855 kg



Simak Video "Sudah Tahu Belum? Ini Arti dan Kepanjangan Toyota Kijang"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT