Alasan Chery Belum Mau Jual Mobil MPV di Indonesia

ADVERTISEMENT

Alasan Chery Belum Mau Jual Mobil MPV di Indonesia

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Selasa, 22 Nov 2022 13:10 WIB
Chery ikut meramaikan GIIAS dengan seri Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro. Kedua SUV ini sudah bisa di-pree booking.
Alasan Chery belum mau jual mobil MPV di Indonesia. (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Setelah dua kali gagal dan meninggalkan pasar otomotif Indonesia, produsen roda empat asal China, Chery memutuskan comeback ke Tanah Air. Kini, mereka telah menyiapkan jajaran produk baru untuk memikat konsumen. Namun, satu yang menjadi pertanyaan, mengapa tak ada mobil MPV?

Diketahui, saat pertama kali mengumumkan comeback di Indonesia, Chery langsung mengenalkan seri Tiggo yang berasal dari segmen SUV. Tak lama setelahnya, mereka memamerkan Omoda 5 yang kemungkinan besar meluncur tahun depan. Kendaraan tersebut juga mengusung model SUV.

Presiden Direktur PT Chery Motor Indonesia (CMI), Shawn Xu menjelaskan, pihaknya memiliki beragam model kendaraan di China, termasuk MPV. Namun, sebagai pengenalan awal di Indonesia, Chery ingin fokus memasarkan mobil-mobil SUV.

"Di pasar global, Chery tak hanya punya mobil SUV, melainkan ada model lainnya. Kami punya MPV, sedan, truk dan masih banyak lagi. Namun saat ini kami mau fokus di SUV," ujar Shawn Xu saat sesi exclusive interview bersama detikOto di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, belum lama ini.

Chery Tiggo 7 ProChery Tiggo 7 Pro Foto: PT Chery Sales Indonesia

Shawn Xu menyadari, saat ini MPV masih mendominasi penjualan mobil di Indonesia. Bahkan, menurutnya, MPV dan Indonesia bagaikan dua hal yang hampir mustahil dipisahkan.

Meski demikian, kata dia, model yang pertumbuhan peminatnya paling signifikan adalah SUV. Itulah mengapa, pihaknya saat ini ingin fokus bermain di pasar tersebut.

"Ketika kita menyebut suatu negara, ada satu keyword (kata kunci) kendaraan yang mewakili negara tersebut. Misalnya, kita menyebut Thailand, kita akan teringat truk pikap. Kalau kita menyebut Indonesia, maka kita akan teringat MPV. Meski begitu, saat ini (peminat) SUV sedang tumbuh-tumbuhnya di sini," ungkapnya.

Chery Omoda 5 di IIMS 2022,Chery Omoda 5 di IIMS 2022. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detik.com

Chery sendiri dipastikan akan meluncurkan dua seri Tiggo pada Rabu (23/11/2022). Kendaraan SUV tersebut sudah lebih dulu muncul di sejumlah pameran-pameran akbar di Indonesia. Setelah Tiggo series, Omoda 5 dan Omoda 5 EV akan menyusul tahun depan.

Sejauh ini, Chery belum mengungkap rencana peluncuran mobil MPV atau kendaraan lain di luar model SUV.



Simak Video "Tantang CR-V, Kenapa Chery Berani Jual Mobil di Kelas Premium?"
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT