Banyak Tersemat di Mobil Mewah, Apa Sebenarnya Fungsi Ambient Light?

ADVERTISEMENT

Banyak Tersemat di Mobil Mewah, Apa Sebenarnya Fungsi Ambient Light?

Dina Rayanti - detikOto
Jumat, 18 Nov 2022 20:53 WIB
Interior Mercedes-Maybach S Class
Ambient Light di mobil Mercedes-Maybach. Foto: Ridwan Arifin
Jakarta -

Fitur ambient light biasanya terlihat di interior mobil-mobil mewah. Biasanya, fitur ini hadir dengan desain mewah menghias hampir seluruh interior kendaraan seperti pada bagian plafon, dashboard, dan door trim.

Warna lampu ambient itu juga bisa berubah-ubah secara otomatis. Tapi kalau bicara penerangan, ambient light tidak sepenuhnya memberikan pencahayaan yang terang. Ambient light merupakan pengembangan dari desain interior kendaraan yang dikombinasikan dengan teknologi penerangan Light Emitting Diode (LED).

Lalu apa sebenarnya fungsi ambient light tersebut? Mengutip laman Cars.com, ambient light lebih terlihat untuk mempercantik tampilan kosmetik interior mobil tanpa berperan menjaga keselamatan dalam berkendara. Namun dalam sebuah studi yang dilakukan oleh BMW dan Lighting Engineering Group ditemukan bahwa pencahayaan dapat meningkatkan kewaspadaan pengemudi ketika berkendara.

Boleh dibilang, kehadiran fitur ambient light ini menjadi pemanis di interior mobil. Dengan ambient light, interior terlihat lebih atraktif serta lapang. Di malam hari, ambient light ini memberikan penerangan tambahan tanpa perlu menyalakan lampu kabin.

Ambient light ini membuat ruang kabin tampak lebih besar terutama di malam hari. Lampu itu juga bisa mengurangi kelelahan ketika berkendara di malam hari. Tapi sayangnya studi itu tidak memiliki bukti meyakinkan soal efek pencahayaan dari ambient light terhadap tingkat kewaspadaan pengendara.

Di sisi lain, kehadiran ambient light menjadi nilai plus bagi model mobil itu sendiri. Nilai plus yang dimaksud menjurus pada penggunaan material dan desain pada mobil. Studi itu juga menemukan bahwa keberadaan lampu ambient membuat tombol kontrol mobil lebih mudah digunakan.

Seperti disebutkan sebelumnya, cahaya dari ambient light tidak terlalu terang. Cahaya lampu yang terlalu terang justru bisa merusak konsentrasi pengendara. Cahaya ambient light biasanya berada di bawah 0,1 candela per meter persegi untuk mencegah munculnya kilau pada bagian interior.

Soal warna yang diusung ambient light disebtukan tidak terlalu berpengaruh terhadap emosional pengendara. Tapi ini menjadi penting dalam pembentukan identitas suatu model mobil.



Simak Video "Lombardi: Bengkel Spesialis Interior Mobil Pejabat Sampai Artis"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT