ADVERTISEMENT

Penyebab Lampu Indikator ABS di Mobil Menyala

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 19 Jul 2022 13:16 WIB
Penyebab lampu indikator ABS di mobil menyala
Foto: Dok. Auto2000. Penyebab lampu indikator ABS di mobil menyala.
Jakarta -

Fitur Anti-lock Braking System (ABS) pada mobil memiliki fungsi vital untuk mencegah rem mobil mengunci ketika dilakukan pengereman mendadak. Oleh sebab itu, fitur ABS perlu selalu dicek kondisinya supaya dapat bekerja optimal saat dibutuhkan.

Dijelaskan Auto2000 dalam keterangan resminya, di panel instrumen mobil ada indikator yang menandakan fungsi rem ABS. Para pengendara diharapkan jangan panik ketika lampu indikator ABS menyala. Selain itu, pengendara juga perlu tahu sebab indikator rem ABS menyala.

Lampu Indikator ABS Menyala

Panel instrumen mobil memiliki berbagai lampu indikator sebagai petunjuk kondisi komponen, salah satunya adalah lampu indikator ABS. Umumnya terdiri atas tulisan ABS di dalam lingkaran yang diapit oleh dua lengkungan di sisi kiri-kanan, di mana semuanya berwarna kuning agar mudah dikenali.

Jangan panik seandainya lampu indikator ABS menyala atau kelap-kelip ketika mobil berjalan. Menyalanya lampu tersebut bukan berarti rem mobil sedang bermasalah, tetapi hanya menandakan ada gangguan pada fitur ABS yang membutuhkan pengecekan lebih lanjut. Anda tetap boleh mengemudikan kendaraan mengingat rem tetap dapat dioperasikan meskipun ada risiko ABS tidak berfungsi.

Namun, sebaiknya lakukan pemeriksaan ringan sambil mobil berjalan. Cobalah injak pedal rem dan rasakan apakah ada perbedaan, seperti injakan pedal rem terlalu dalam dari biasanya atau pengereman terasa kurang menggigit. Kalau ini terjadi, segera hentikan mobil dan periksa rem lebih lanjut karena ada risiko kerusakan lain pada sistem pengereman mobil.

Sebab Lampu Indikator ABS Menyala

Indikator ABS menyala merupakan tanda untuk pemilik mobil agar segera memberi perhatian pada sistem ABS. Biasanya hal tersebut terjadi karena sensor-sensor ABS yang ada pada roda mobil, baik depan maupun belakang, terkena kotoran sehingga membuat sensor error sehingga seolah tidak berfungsi. Problem lain adalah sistem kelistrikan mobil yang terhubung dengan sistem ABS rusak, seperti digigit tikus. Dapat pula kendala pada komputer pengontrol ABS.

"Fitur ABS memiliki peran yang sangat penting sebagai fitur keamanan berkendara. Segera cek ke bengkel Auto2000 jika lampu indikator ABS menyala agar segera dapat dicarikan solusinya dan fitur safety ini berfungsi normal kembali. Teknisi akan melakukan perawatan ABS sebagai bagian dari servis berkala dan," jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000.

Lihat juga Video: Bukan Empty, Ternyata Ini Arti Huruf E Pada Indikator BBM!

[Gambas:Video 20detik]



(lua/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT