ADVERTISEMENT

Bukan 'Empty', Ini Arti Sebenarnya Huruf E pada Panel BBM Mobil dan Motor

Doni Wahyudi - detikOto
Jumat, 15 Jul 2022 09:05 WIB
Indikator BBM mobil
Huruf E pada panel indikator bahan bakar bukan berarti Empty (Foto: Getty Images/filo)
Jakarta -

Panel indikator isi tanki BBM pada motor dan mobil selalu terdapat huruf E dan F. Jika 'F' menunjukkan tanki dalam kondisi full alias penuh, maka huruf 'E' ternyata bukan berarti tanki empty atau kosong. Lalu apa arti huruf E pada panel BBM?

Panel indikator isi tanki BBM menjadi fitur yang terkesan sederhana namun sangat penting buat pengendara motor dan mobil. Dengan fitur ini kita tidak perlu mengecek dan mengintip tanki bahan bakar untuk melihat ketersediaan bensin di kendaraan.

Seiring kemajuan teknologi, panel indikator BBM tak lagi melulu berbentuk jarum yang bergerak antara F dan E. Kini banyak kendaraan memakai panel indikator digital, di mana huruf F dan E tetap tertera di dalamnya, dalam posisi berlawanan.

Tapi tahukah detikers kalau huruf E pada panel tersebut bukan berarti empty atau kosong.

Huruf F pada panel indikator mengindikasikan Full, alias bahan bakar terisi penuh. Namun huruf E pada panel indikator isi tanki BBM sebenarnya punya arti Emergercy, atau keadaan darurat.

Indikator BBM pada mobilIndikator BBM pada mobil Foto: Getty Images/iStockphoto/Jay_Zynism

Jika jarum indikator sudah menunjuk huruf E, maka keadaannya sudah sangat genting untuk segera mengsisi BBM. Jangan ditunda lagi segera berhenti dan isi bahan bakar begitu melihat SPBU. Demikian dikutip dari Totalenergies.

Meski begitu, saat indikator menunjuk huruf E sebenarnya isi tanki bahan bakar tidak benar-benar habis. Rata-rata masih tersedia 10% dari total kapasitas maksimal bahan bakar saat indikator E mulai berkedip.

Ini dilakukan pabrikan supaya pengendara tidak benar-benar kehabisan bensin di tengah jalan, terlebih ketika melakukan perjalanan jauh.

Jadi, daripada harus mendorong kendaraan karena habis bensin, sebaiknya isi BBM mobil atau motor kamu sebelum indikator mendekati huruf E.

Saksikan juga Sosok minggu ini: Ilmu di Kolong Jembatan



[Gambas:Video 20detik]




(din/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT