Tampil di AXCR 2022, Rifat Sungkar Siap Libas Trek Sejauh 1.700 Km!

ADVERTISEMENT

Tampil di AXCR 2022, Rifat Sungkar Siap Libas Trek Sejauh 1.700 Km!

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Rabu, 02 Nov 2022 14:07 WIB
Rifat Sungkar wakili MMKSI di AXCR 2022.
Rifat Sungkar wakili MMKSI di AXCR 2022. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detik.com
Jakarta -

Pebalap kenamaan Indonesia, Rifat Sungkar bakal mewakili Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKSI) di kejuaraan Asia Cross Country Rally atau AXCR 2022. Dia didaulat sebagai pebalap utama untuk mengemudikan Mitsubishi Triton sejauh 1.700 kilometer.

Menurut rencana, perlombaan tersebut akan digelar pada 21-26 November 2022 dengan trek Thailand-Kamboja-Thailand. Rifat Sungkar mengaku bangga bisa mewakili Mitsubishi Indonesia di ajang sebesar AXCR 2022.

"Saya bangga sekali bisa mewakili MMKSI di AXCR 2022. Kita sudah kembali ke ajang motorsport, sudah lama kita rally art tidak aktif lagi. Terakhir itu 10 tahun lalu, tapi sekarang kita kembali bangkit," ujar Rifat Sungkar di bilangan Jakarta Selatan, Selasa (1/11/2022).

Nantinya, perjalanan sejauh 1.700 kilometer tersebut akan ditempuh selama lima hari. Rifat yang ditemani co-driver asal Thailand berharap bisa menempuh 400 kilometer sehari.

"Targetnya satu hari 400 km, setiap 200 km berhenti istirahat untuk misalnya pergi ke toilet. Saya sebelumnya enggak pernah (lomba rally) sampai 1.700 km. Setahun aja belum tentu sampai segitu," tuturnya.

Rifat Sungkar wakili MMKSI di AXCR 2022.Rifat Sungkar wakili MMKSI di AXCR 2022. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detik.com

Saat ditanya mengenai target, Rifat Sungkar mengaku tak mau muluk-muluk. Bahkan, hingga sekarang, dia belum mengetahui betul bagaimana karakter serta kemampuan lawan-lawannya di AXCR 2022.

Rifat mengaku hanya ingin menikmati jalannya perlombaan. Lagipula, menurutnya, membalap di ajang tersebut merupakan kebanggaan untuknya sebagai pebalap.

"Sebenarnya kalau ditanya targetnya apa, ya kita datang pasti untuk menang. Kalau enggak menang, mending enggak usah berangkat, gitu. Tapi kemenangan yang dimaksud adalah kita sadar, kita bukan kelas paling atas, melainkan (membalap pakai) production car," kata dia.

Rifat sendiri akan mengendarai mobil Mitsubishi Triton yang telah di-setting untuk kebutuhan rally. Namun, menurut Rifat, perubahan tersebut hanya terdapat di bagian kaki-kaki atau suspensi kendaraan saja.



Simak Video "Tak Hanya di RI, Mitsubishi Mirage Juga Disuntik Mati di Jepang"
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/sfn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT