Mengenal Fitur Andalan Xpander Cross, Bikin Aman di Jalanan Licin

ADVERTISEMENT

Mengenal Fitur Andalan Xpander Cross, Bikin Aman di Jalanan Licin

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 25 Okt 2022 20:34 WIB
Mitsubishi New Xpander Cross
Mitsubishi Xpander Cross (Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar / 20detik)
Jakarta -

Mitsubishi telah memperbarui Xpander Cross. SUV 7-seater andalan Mitsubishi itu sudah dibekali fitur keselamatan aktif dan pasif yang bahkan belum ada di mobil lain sekelasnya.

General Manager of Sales and Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Amiruddin mengklaim, Xpander Cross punya fitur yang tidak dimiliki kompetitornya, terlebih dari aspek keamanan dan kenyamanan.

"Kami mempunyai unique selling point yang tidak dimiliki oleh produk lain, terlebih lagi dari aspek keamanan dan kenyamanan," kata Amiruddin.

Dari segi fitur keselamatan, Xpander Cross memiliki fitur Active Yaw Control (AYC). Ini merupakan fitur baru yang membuat pengemudinya jadi tambah pede saat menikung.

Sistem AYC berfungsi untuk mengontrol perbedaan antara gaya penggerak dan pengereman di sisi kiri dan kanan. Fitur AYC ini untuk mengoptimalkan kestabilan kendaraan ketika bermanuver secara cepat atau di jalan yang licin.

Saat menikung di permukaan jalan yang licin, AYC akan melakukan pengereman roda depan di bagian dalam tikungan. Hal ini untuk meminimalkan understeer dan memungkinkan kendaraan mengikuti garis yang lebih dekat dengan yang diinginkan pengemudi. Bekerja sama dengan Anti-lock Braking System (ABS) dan Active Stability Control (ASC), sistem ini mendukung keselamatan, keamanan, dan kenyamanan berkendara di berbagai cuaca dan kondisi jalan.

Xpander Cross juga memiliki fitur anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD) dan brake assist (BA). Fitur-fitur pengereman itu membantu pengemudi mengatur laju kendaraan dan menghindari rem terkunci saat melakukan pengereman atau saat melintasi jalan licin.

Fitur pendukung lainnya adalah active stability control (ASC). Fitur ini secara otomatis bekerja mengontrol laju saat mobil bermanuver di jalanan licin sehingga tidak tergelincir.

Selanjutnya, Xpander Cross didukung oleh body Reinforced Impact Safety Evolution (RISE), yaitu teknologi rangka bodi yang dirancang khusus untuk memberikan keamanan dalam berkendara. Konstruksi bagian depan mobil mendukung pedestrian protection atau perlindungan untuk pejalan kaki. Hal itu dapat meminimalisir dampak kecelakaan pada pejalan kaki melalui built impact-absorbing pada material kap mesin dan bumper.

Kemudian ada Hill Start Assist (HSA), yaitu fitur yang akan mengaktifkan rem secara otomatis selama beberapa detik saat akan melaju di tanjakan sehingga mobil tidak mundur ketika pengemudi memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas. Lalu ada emergency stop signal (ESS) yang mengaktifkan lampu hazard secara otomatis saat pengemudi menginjak rem di situasi darurat untuk memperingatkan kendaraan di belakang agar tidak terjadi kecelakaan.

Uniknya juga, Xpander Cross memiliki fitur multi around monitor. Kamera yang dipasang di berbagai sisi memberikan tampilan blind spot untuk membantu parkir dengan aman. Di fitur ini, ada tampilan visual seakan-akan kamera menyorot mobil dari atas sehingga memudahkan pengemudi ketika parkir.



Simak Video "Gagah! Ini Ubahan Interior di Mitsubishi Xpander Cross Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT