Toyota Vios Baru Siap Meluncur, Bukan 'Made in Indonesia' Lagi?

ADVERTISEMENT

Toyota Vios Baru Siap Meluncur, Bukan 'Made in Indonesia' Lagi?

Dina Rayanti - detikOto
Senin, 10 Okt 2022 13:09 WIB
PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) melakukan pengapalan kendaraan untuk ekspor ke berbagai negara di IPC Car Terminal, Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (8/3).
Vios terbaru dikabarkan tak lagi diproduksi di Indonesia, melainkan dari Thailand. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Toyota Vios terbaru siap mengaspal di Tanah Air. Dalam undangan yang diterima detikcom, rencananya PT Toyota Astra Motor bakal merilis sedan anyarnya itu pada Rabu (12/10/2022). Sebelum mendarat di Indonesia, sedan ini sudah lebih dulu menyapa warga di Thailand.

"PT Toyota-Astra Motor mengundang rekan-rekan media untuk mengikuti acara Media Gathering All New Vios yang akan dilaksanakan pada Rabu, 12 Oktober 2022," bunyi undangan tersebut.

Jelas ada sejumlah ubahan yang bakal disajikan Toyota Vios untuk memanjakan para penggemarnya di Indonesia. Sebagai gambaran, Vios yang telah meluncur di Thailand sudah mengusung platform baru Daihatsu New Global Architechture seperti halnya Avanza, Veloz, hingga Rocky-Raize. Dimensinya juga lebih besar dari model sebelumnya.

Santer dikabarkan, Toyota Vios terbaru ini tak lagi diproduksi di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) melainkan didatangkan dari Thailand. Rumor itu sudah beredar sejak Agustus 2022 seiring dengan beredarnya video yang diduga di pabrik TMMIN. Dalam video itu terlihat sejumlah pekerja membawa papan bertuliskan 'Sayonara Vios'.

Lebih lanjut seorang pria meneriakkan ucapan perpisahan dengan sedan yang sudah berlabel 'Made in Indonesia' tersebut sejak 2013.

"Terima kasih Vios telah menjadi sejarah sukses di plant dua," kata pria itu.

Direktur Corporate Affairs PT TMMIN Bob Azzam kala itu enggan menjawab pernyataan tersebut secara gamblang. Bob saat dikonfirmasi hanya memberikan jawaban yang sama terkait dengan penghentian produksi Vios di pabrik TMMIN Karawang 2.

Vios sendiri merupakan salah satu andalan Toyota di Indonesia karena juga diproduksi memenuhi kebutuhan ekspor bersama dengan Fortuner, Innova, Sienta, Yaris, hingga Veloz.

Mengutip data distribusi ekspor Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) per Agustus 2022, tidak ada lagi unit Vios yang diekspor ke Brunei Darussalam.

Adapun dalam data tersebut, Brunei merupakan satu-satunya negara tujuan Vios 'Made in Indonesia' tersebut. Bila benar dihentikan, artinya mobil 'buatan' Indonesia baik di pasar domestik maupun luar negeri bakal berkurang satu.

"Bersama dengan TAM (Toyota Astra Motor) kami memastikan pasokan model Vios untuk konsumen terjaga. Selain itu kami akan memberitahukan kepada teman-teman media pada waktunya," ujar Bob kala itu.



Simak Video "Ini Daftar 10 Negara Paling Kepincut Sama Mobil Produksi Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT