ADVERTISEMENT

Tantang Toyota Vios dan Honda City di Indonesia, Seberapa Laris Sedan Morris Garage?

Dina Rayanti - detikOto
Jumat, 19 Agu 2022 18:16 WIB
Brand mobil Inggris Morris Garage akhirnya mengumumkan harga jual MG 5 GT pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. Mobil bergaya Coupe 4 pintu yang sudah diperkenalkan sejak tahun ini akhirnya dijual mulai Rp 339,9 juta.
Sedan MG 5 GT. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Meski kalah populer dari mobil MPV, segmen sedan di Indonesia masih menggiurkan untuk beberapa pabrikan. Terbaru, ada pabrikan blasteran Inggris-China Morris Garage yang memboyong sedan MG 5 GT ke Tanah Air. . MG 5 GT diluncurkan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022.

Melihat spesifikasi mesinnya, MG 5 GT ini menantang langsung Toyota Vios dan juga Honda City. Lalu bagaimana kiprah dari sedan anyar ini menantang dua rival utamanya itu?

Data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, distribusi MG 5 GT baru dilakukan pada bulan Juli. Jumlahnya ada 48 unit dan hanya untuk tipe 5 GT Ignite 1.5 L.

Kalau membandingkan dengan Honda City dan Toyota Vios, jumlahnya memang belum seberapa. Honda City misalnya sepanjang tahun 2022 distribusinya mencapai 422 unit. Kemudian untuk Vios, dari tiga varian yang ditawarkan penjualannya sudah mencapai 139 unit.

Peluang MG 5 GT menjegal Honda City dan Toyota Vios tentu masih terbuka lebar. Terlebih bila fitur yang ditawarkan dirasa cukup untuk menemani aktifitas masyarakat di Tanah Air. Tak kalah penting, harga juga menjadi pertimbangan tersendiri.

Sekadar informasi, MG 5 GT membekali diri dengan ragam fitur seperti Electronic Parking Brake (EPB), Auto Vehicle Hold, ABS& EBD, Electronic Brake Assist (EBA), Electronic Differential System, Traction Control System, Stability Control System, Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal (ESS), Follow me Home Light, Rear Driver Assistance System, Blind Spot Detection, Lane Change Assist (LCA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Rear Collision Warning (RCW), Isofix, hingga 6 Airbag.

Beberapa fitur tersebut juga tersemat di rivalnya. Bahkan untuk airbag, Toyota Vios yang harganya lebih murah sudah mendapatkan airbag di 7 titik. Vios juga telah dilengkapi dengan HSA, VSC,sampai Isofix.

Kemudian untuk Honda City pun demikian. Honda City sedan memiliki airbag yang ditempatkan di 6 titik. Kemudian ada juga ESS, VSA, ABS+EBD+BA, Brake Override System, dan juga Isofix. Kalau melihat secara keseluruhan, fitur pada MG 5 GT lebih lengkap ketimbang kompetitornya. MG 5 GT juga memiliki electric sunroof yang justru absen pada dua rivalnya.

Di balik kapnya, MG 5 GT menggendong mesin DOHC 4 silinder yang bisa menghasilkan tenaga 114 PS pada 6.000 rpm dan torsi 150 Nm pada 4.500 rpm. Mesin itu dipasangkan dengan transmisi CVT 8 percepatan. Toyota Vios dibekali dengan mesin 1.5 DOHC Dual VVT-i yang sanggup menghasilkan tenaga 107 PS pada 6.000 rpm. Toyota menyandingkan mesin Vios itu dengan beberapa pilihan transmisi yakni manual 5 percepatan dan CVT 7 percepatan.

Berlanjut ke Honda City sedan juga mengusung mesin 1.5 DOHC i-VTEC+DBW dengan tenaga 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.300 rpm. Mesin Honda City dikawinkan dengan transmisi CVT.



Simak Video "Gagah! Pick-up Double Cabin MG Extender Melantai di GIIAS 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT