Mengintip Spesifikasi Citroen e-C4, Calon Mobil Listrik Baru di Indonesia

ADVERTISEMENT

Mengintip Spesifikasi Citroen e-C4, Calon Mobil Listrik Baru di Indonesia

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 07 Okt 2022 08:47 WIB
Citroen resmi menjejakkan kakinya lagi di Indonesia. Pabrikan asal Prancis itu comeback setelah terakhir berkiprah di tanah air pada era 1990-an silam.
Citroen e-C4 (Foto: Grandyos Zafna/detikOto)
Jakarta -

Citroen kembali ke Indonesia di bawah naungan Indomobil Group. Brand asal Prancis ini juga memboyong mobil listrik e-C4 yang bakal dijual tahun depan. Seperti apa spesifikasinya?

Citroen e-C4 merupakan mobil yang baru debut secara global pada 2020 silam. CEO Citroen, Vincent Cobee mengungkapkan mobil listrik yang dibawa ke Indonesia masih didatangkan secara utuh dari pabrikknya di Madrid, Spanyol.

"Kita lihat C5 Aircross dibuat di Britani, Perancis. e-C4 dibuat di Madrid, di Spanyol, C3 sekarang dirakit di Chenai, India," kata Cobee saat konferensi pers beberapa waktu yang lalu.

Menilik spesifikasi Citroen e-C4 yang sudah dipasarkan di benua biru. Mobil ini dibangun di atas basis Common Modular Platform (CMP) dari PSA Group dan perusahaan mobil asal China, Dongfeng. Platform ini sudah digunakan pada Peugeot e-208 dan DS3 Crossback E-Tense.

E-C4 merupakan mobil versi listrik dari crossover bensin C4. Namun spesifikasi jantungnya sudah menggunakan motor listrik permanent magnet synchronous motor yang dibekali baterai berkapasitas 50 kWh.

Tenaga yang dikeluarkan e-C4 dari mobil berkapasitas 5-penumpang ini cukup mumpuni. E-C4 bisa menghembuskan 136 daya kuda dan torsi 260 Nm. Untuk berlari dari titik nol hingga 100 km/jam membutuhkan waktu kurang dari 10 detik, sedangkan kecepatan tertingginya mencapai 150 km/jam.

Soal daya tempuh e-C4 dalam kondisi penuh bisa digunakan dalam jarak 353 kilometer dengan metode WLTP. E-C4 juga didukung dengan colokan CCS, saat pakai mode pengisian cepat hingga 100kW, pengisian 80% hanya membutuhkan waktu 30 menit.

Harga untuk e-C4 Electric di Inggris misalnya dijual mulai dari £30.495 atau sekitar Rp 531 jutaan. Namun untuk pasar Indonesia masih dihitung.

"Kita sedang dihitung dan kalkulasi, akan diumumkan dalam waktu dekat. Karena sekarang sedang dalam proses homologasi," ujar Head of Business Development, Indomobil Group, Andrew Nasuri.



Simak Video "Bonjour! 3 Mobil Baru Citroen Resmi Melantai di Tanah Air"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT