Harga Cuma Rp 100 Jutaan, Citroen Ami Mau Dibawa ke Indonesia?

ADVERTISEMENT

Harga Cuma Rp 100 Jutaan, Citroen Ami Mau Dibawa ke Indonesia?

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 06 Okt 2022 13:45 WIB
Citroen Ami
Citroen Ami bisa saja dibawa ke Indonesia seiring comeback Citroen ke tanah air (Foto: Citroen)
Jakarta -

Citroen punya kendaraan mungil, bentuknya seperti mobil dan harganya pun terjangkau yang bernama Ami. Dengan kembalinya Citroen ke Indonesia, apakah Ami akan ikut diboyong?

CEO Citroen Vincent Cobee mengatakan Ami diciptakan untuk mendukung mobilitas kaum urban di Eropa. Bentuknya yang mungil tidak susah untuk mencari parkir, bahkan Ami tidak perlu pakai Surat Izin Mengemudi di Prancis.

"Jadi Ami masih sangat muda dalam sejarah kami. Kami luncurkan Ami beberapa tahun lalu, pasarnya untuk Eropa, sangat terjangkau, desainnya compact mobilitas elektrik untuk siapapun, tidak perlu SIM untuk mengendarainya, isi daya pun bisa di rumah, parkir sangat mudah," kata Cobee.

Cobee mengatakan, jika Citroen Ami mendapatkan permintaan yang besar di Indonesia, brand asal Prancis ini akan coba memasarkannya di sini.

"Permintaan konsumen di mana-mana, di Turki, Inggris, Moroko, jadi ini menjadi pemikiran inovasi untuk Citroen. Alasan saya tunjukkan hari ini, untuk satu hal tidak ada batas untuk kreativitas dan inovasi. Jadi kalau besok ada permintaan besar dari Indonesia, mari kita berdiskusi," ungkap dia.

Citroen Ami desainnya seperti mobil mungil. Punya empat roda, serta body, dan atap yang melindungi penumpang. Cara menyetirnya lewat kemudi bulat seperti di mobil, tapi Citroen Ami masuk dalam kategori sepeda roda empat, setidaknya begitu di Prancis dan beberapa negara Eropa.

Artinya tidak perlu punya SIM untuk mengendarainya di wilayah Uni Eropa. Di sisi lain, kecepatan maksimal hanya 45 km/jam (27,9 mph) dan memiliki tenaga maksimal 8 daya kuda.

Masing-masing negara punya regulasi sendiri, di Prancis tidak perlu memiliki SIM untuk mengendarainya. Di kampung halaman Zinedin Zidane itu, Citroen Ami bisa dikendarai dari umur 14 tahun, tapi di Inggris hanya boleh umur 17 tahun, dan perlu memiliki SIM.

Ami Citroen dibekali baterai lithium ion dengan kapasitas 5,5 kWh. Mobil ini bisa menempuh jarak hingga 46,6 miles atau sekitar 74,4 kilometer. Performa dari titik 0 ke 27,9 mph (45 km/jam) perlu waktu 10 detik.

Mobil ini bisa menampung hingga dua orang penumpang, termasuk pengemudi. Sementara untuk pengisian penuh dari nol ke 100 persen butuh waktu 3 jam.

Citroen Ami juga memiliki desain yang compact alias mungil. Panjangnya hanya 2.410 mm, lebar 1.390 mm, dan tinggi 1.525 mm. Lebih mungil dari mobil mini EV! Menyoal harga, Citroen Ami dijual mulai dari 7.790 euro atau sekitar Rp 120 jutaan.



Simak Video "Mobil Listrik 'Langka' Citroen Ami Buggy Nongol di RI"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT