Penjualan Mobil Baru Kembali Normal, Gimana Kondisi Pasar Mobil Bekas?

ADVERTISEMENT

Penjualan Mobil Baru Kembali Normal, Gimana Kondisi Pasar Mobil Bekas?

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 21 Agu 2022 15:45 WIB
Bursa Mobil Bekas Mal Blok M
Ilustrasi showroom mobil bekas. Foto: Shafira Cendra Arini
Jakarta -

Setelah terpuruk akibat dihantam pandemi virus Corona (Covid-19) pada 2020 lalu, penjualan mobil di Indonesia perlahan mulai pulih. Bahkan pada kondisi paling baru, penjualan mobil di Indonesia levelnya sudah menyamai penjualan mobil pada 2019 atau sebelum pandemi. Lalu bagaimanakah situasi di pasar mobil bekas?

Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, penjualan mobil di Indonesia sudah sama levelnya seperti sebelum pandemi. Lebih dari 80 ribu unit mobil baru mengaspal di Tanah Air. Hal ini sama dengan angka penjualan sebelum pandemi yang biasa menyentuh angka sekitar 80 ribu sampai 90 ribu unit per bulan.

Untuk penjualan wholesales atau distribusi dari pabrik ke dealer, Gaikindo mencatat pengiriman mobil baru sebanyak 86.256 unit pada Juli 2022. Angka itu naik 29,4% dibanding Juli 2021. Penjualan pada Juli 2022 juga naik 9,3% dari Juni 2022.

Bagaimana dengan situasi pasar mobil bekas? COO OLX Autos Indonesia, Hendri Tadjuni, tanpa ragu menyebut situasi penjualan mobil bekas di Indonesia perlahan mulai membaik. Hal itu ditunjang dengan membaiknya perekonomian nasional seiring melandainya kasus Covid-19, juga ada faktor mudik lebaran yang kembali diperbolehkan usai 2 tahun dilarang.

"Sejak lebaran kemarin, penjualan mobil bekas secara umum sangat baik ya. Dan setelah lebaran, momentum itu juga terus terjaga. Transaksi mobil bekas saya rasa masih tetap konsisten tumbuh," kata Hendri di arena GIIAS 2022, ICE-BSD City, Tangerang (19/8/2022).

Lanjut Hendri menambahkan, selain dua faktor tersebut, ada faktor lain yang menyebabkan penjualan mobil bekas meningkat, yakni karena terkendalanya suplai mobil baru akibat kelangkaan chip semikonduktor.

"Diakui pihak Gaikindo, (memang) ada masalah pada chip (semikonduktor), masalah produksi. Hanya di Indonesia (permasalahan ini) lumayan cepat pulih. Jadi awalnya mobil bekas sangat baik karena keterbatasan suplai mobil baru. Namun begitu mobil baru juga bergairah, mobil bekasnya juga ikutan (naik) biasanya," sambung Hendri.

OLX Autos Indonesia sebagai platform layanan berbasis teknologi menawarkan inovasi terkini dalam transaksi jual beli mobil bekas hadir kedua kalinya di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 sebagai official trade in partner. OLX Autos melihat pertumbuhan baik dari tren jual mobil bekas di GIIAS tahun ini yang merupakan salah satu kontribusi positif dari OLX Autos terhadap ekosistem industri otomotif nasional.

Pada tahun lalu, OLX Autos menerima hampir 500 booking inspeksi dan berhasil menginspeksi lebih dari 300 kendaraan mobil. Sementara itu, tahun ini OLX Autos sudah melampaui pencapaian tahun lalu untuk booking inspeksi dan inspeksi mobil di hari ketujuh (per 17 Agustus 2022) GIIAS 2022.



Simak Video "Adu Penjualan Mobil di Indonesia vs Thailand, Siapa yang Menang?"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT