ADVERTISEMENT

Harga Kia EV 6 Bakal Lebih Mahal dari Hyundai Ioniq 5 di Indonesia

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 16 Agu 2022 17:15 WIB
PT Kreta Indo Artha (KIA) memanaskan lantai GIIAS 2022. Tak tanggung-tanggung, pabrikan asal Korea Selatan ini membawa model mobil Internal Combustion Engine (ICE) hingga Battery Electric Vehicles (BEV). Termasuk KIA Carens.
KIA EV6 GT Line di GIIAS 2022 Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

PT Kreta Indo Artha (KIA) menampilkan line-up mobil elektrifikasinya di arena Gaikindo Indonesia Internarional Auto Show 2022 dengan menghadirkan Kia Sorento HEV, Kia Niro EV dan Kia EV6 GT-Line. Ketiga mobil tersebut belum dirilis secara resmi untuk pasar Indonesia.

"EV 6 dan Niro kita datangkan untuk mempelajari market untuk mobil electric, tapi tidak menutup kemungkinan jika ada yang sangat ingin memiliki mobil ini kita bisa pesankan," ujar Ario Soerjo, Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha di GIIAS beberapa waktu yang lalu.

Model elektrifikasi pertama Kia ialah Sorento HEV, yang mengusung mesin Smartstream G1.6 T-Gdi, CVVD 4-silinder segaris berkapasitas 1,6 liter yang telah diimbuhi oleh turbocharger. Mesin ini menghasilkan tenaga puncak 179 PS dan torsi maksimal 264 Nm.

Dikombinasikan dengan motor listrik berdaya 44 kW, maka kombinasi tenaga yang dhasilkan mampu mencapai 230 PS dengan torsi maksimal mencapai 350 Nm. Kia Sorento HEV mengusung baterai lithium-ion berkapasitas 14 kWh. Semua daya tersebut didistribusikan ke roda depan melalui transmisi otomatis 6-speed.

"Sorento hybrid Rp 900 something, launching resmi belum tapi sudah bisa dipesan," ujar dia.

PT Kreta Indo Artha (KIA) memanaskan lantai GIIAS 2022. Tak tanggung-tanggung, pabrikan asal Korea Selatan ini membawa model mobil Internal Combustion Engine (ICE) hingga Battery Electric Vehicles (BEV). Termasuk KIA Carens.PT Kreta Indo Artha (KIA) memanaskan lantai GIIAS 2022. Tak tanggung-tanggung, pabrikan asal Korea Selatan ini membawa model mobil Internal Combustion Engine (ICE) hingga Battery Electric Vehicles (BEV). Termasuk KIA Carens. Foto: Grandyos Zafna

Selanjutnya Kia EV6 GT-Line. Model EV6 merupakan model full EV unggulan Kia secara global. Mobil ini menampilkan sosok yang sporty ditunjang dengan penggunaan motor listrik PMSM yang terpasang di kedua sumbu roda (depan-belakang).

Motor listrik ini mendapat sumber energi dari baterai berkapasitas 77,4 kWh, yang menghasilkan tenaga puncak hingga 325 PS dan torsi 605 Nm. Kia EV6 diklaim mampu menempuh jarak total hingga 506 km berdasarkan uji WLTP.

Mobil ini dibangun berdasarkan platform global E-GMP dengan sistem penggerak AWD (All Wheel Drive). KIA EV6 merupakan kembaran dari Hyundai Ioniq 5, hanya saja harganya dipastikan lebih mahal dari Ioniq 5 yang dijual di Indonesia saat ini.

"Kita masih CBU, masih bayar pajak, secara spek jauh lebih tinggi, baterai lebih besar, range lebih jauh, yang pasti lebih mahal," jela dia.

Mobil selanjutnya Kia Niro EV, dipastikan harganya bakal lebih murah dari Kia EV6 GT-Line. Sebab secara spesifikasi di bawah Kia EV6 GT-Line.

Kia Niro EV merupakan sebuah compact SUV yang berteknologi full EV yang mengusung motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) di roda depan yang mampu menghasilkan tenaga puncak 203PS dan torsi maksimal 255 Nm. Baterai yang digunakannya memiliki kapasitas hingga 64,8kWh. Kia Niro EV diklaim mampu menempuh jarak total hingga 463 km (WLTP cycle).

Rencananya kedua mobil EV tersebut bakal meluncur di Indonesia pada tahun 2023. "Rencananya full EV ada rencana kuartal pertama 2023," jelas dia.



Simak Video "Kia EV6 Bakal Jadi Lawan Ioniq 5"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT