ADVERTISEMENT

Bos Jalan Tol Jusuf Hamka Mau Beli Toyota bZ4X Buat Manajer, Berapa Harganya?

Dina Rayanti - detikOto
Selasa, 16 Agu 2022 08:34 WIB
Toyota bz4x diperkenalkan di GIIAS 2022
Toyota bZ4X belum dijual di Indonesia. Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Ada sejumlah mobil listrik yang menjadi incaran bos Jalan Tol Jusuf Hamka. Satu di antaranya adalah Toyota bZ4X.Berapa sih, harganya?

Diaku Jusuf Hamka, dia berencana membeli Toyota bZ4X diperuntukkan bagi manajernya. Namun, bertolak belakang dengan pernyataan Jusuf Hamka, Toyota justru mengaku belum menjual mobil listrik perdananya itu.

Direktur PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy mengatakan, Toyota bZ4X merupakan barang display yang diimpor langsung dari Negeri Sakura.

"bZ4X pada pameran ini masih bersifat display, tetapi ke depannya kita sudah bicara dengan prinsipal, jadi kita akan pelajari terus untuk dikenalkan di market Indonesia," ungkap Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy.

Toyota bZ4x sendiri sebenarnya sudah dijual di beberapa negara. Di Jepang misalnya, crossover listrik ini dibanderol 6 juta yen hingga 6,5 juta yen. Kalau dirupiahkan, Toyota bZ4x itu punya harga mulai Rp 662 jutaan hingga Rp 717 jutaan.

Toyota bz4x diperkenalkan di GIIAS 2022Toyota bz4x diperkenalkan di GIIAS 2022 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Tapi bila jadi masuk ke Indonesia dan diimpor secara utuh, bukan tidak mungkin harga jualnya lebih mahal dari itu. Yang jelas, Anton menegaskan saat ini mobil belum bisa dipesan sekalipun konsumen rela menunggu lama.

Sekadar informasi, Toyota bZ4X menawarkan sejumlah keunggulan. Mobil dibekali baterai lithium-ion 355 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh. Baterai itu ditanam di bawah lantai dan memiliki pengontrol suhu untuk efisiensi.

Sekali isi penuh baterai, mobil listrik ini bisa menjangkau jarak 500 km untuk tipe FWD dan 460 km untuk tipe AWD. Baterainya mendukung pengisian daya AC hingga 6,6 kW dan pengisian daya DC hingga 150 kW yang mampu mengisi daya 80 persen dalam 30 menit.

Diketahui pengembangan Toyota bZ4X dilakukan bersama dengan Subaru. Toyota bZ4X akan menggunakan platform e-TNGA yang telah didesain untuk kendaraan listrik Toyota.

Mobil konsep Toyota bZ4X.Toyota bZ4X. Foto: Global.Toyota

Toyota bZ4X FWD hadir dengan motor listrik tunggal yang dipasang di depan. Motor listrik itu bisa menghasilkan tenaga hingga 201 dk. Akselerasi 0-100 km/jam bisa ditempuh dalam 8,4 detik.

Sementara varian AWD dibekali dua motor listrik di depan dan belakang. Masing-masing bisa menghasilkan 107 dk dengan output gabungan 215 dk. Meski 85 kg lebih berat, Toyota bZ4X AWD bisa berakselerasi lebih cepat, 0-100 km/jam dalam 7,7 detik.



Simak Video "Bakal Dipakai KTT G20, Mobil Listrik Toyota bZ4X Malah Kena Recall"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT