ADVERTISEMENT

Dua Mobil Toyota Rebadge Suzuki Laris Manis, Bikin Penjualan Pecah Rekor

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 08 Agu 2022 10:15 WIB
Toyota Urban Cruiser
Toyota Urban Cruiser (Foto: Dok. Toyota)
Jakarta -

Toyota Kirloskar Motor (TKM) India berhasil mencatatkan rekor penjualan terbanyak dalam kurun waktu satu bulan. Angka tertinggi penjualan Toyota di India itu mencapai 19.693 unit pada Juli 2022.

Dikutip dari Financial Express, penjualan Toyota pada bulan itu tumbuh 50 persen jika dibandingkan pada Juli 2021 lalu. Ini jadi angka terbesar penjualan Toyota selama di India.

Menariknya mobil yang paling laris ialah mobil hasil rebadge Suzuki. Pada Juli 2022, TKM menjual 9.939 unit untuk model Glanza dan Urban Cruiser. Kedua mobil ini adalah versi rebadged dari Maruti Suzuki Baleno dan Vitara Brezza.

Toyota Urban CruiserToyota Urban Cruiser Foto: Dok. Toyota

Angka penjualan dari total gabungan model lain ialah 9.754 unit Innova Crysta, Hilux, Fortuner, Legender, Camry dan Vellfire.

Toyota Starlet Lahir Lagi, Kini Pakai Basis Suzuki BalenoToyota Glanza Foto: Istimewa

Seperti diketahui sejak 28 Mei 2018, Toyota Motor Corporation dan Suzuki Motor Corporation sepakat untuk mulai membahas proyek bersama baru di bidang pengembangan teknologi, produksi kendaraan, dan pengembangan pasar.

TKM dan Maruti Suzuki bekerjasama untuk pengembangan model di India. Mobil pertama di bawah usaha patungan itu adalah Glanza yang diluncurkan sejak 6 Juni 2019. Lalu mobil kedua adalah Urban Cruiser yang rilis pada September 2020.

Penjualan kedua mobil itu nyatanya laris manis. Hingga Juli 2022, TKM telah menjual 140.317 unit, di antaranya 78.694 unit Glanza dan 61.623 unit Urban Cruiser.

Dari jumlah tersebut, lebih dari 65% pelanggan Glanza adalah pembeli pertama Toyota, dan 95% dari SUV Urban Cruiser telah dibeli oleh pelanggan non-Toyota.

"TKM sebelumnya tidak memiliki mobil dengan harga yang dapat mereka beli," Tadashi Asazuma, wakil presiden eksekutif, penjualan & layanan pelanggan, TKM, baru-baru ini mengatakan kepada FE.

Lebih lanjut, meskipun pelanggan India tahu bahwa Glanza dan Urban Cruiser adalah mobil Maruti Suzuki yang diganti. Mereka dapat memasuki keluarga Toyota dengan harga yang lebih rendah. Memang pada faktana, TKM hanya bisa menjual setengah dari jumlah dari model murni yang dipasarkan.

"TKM menjual 9.754 unit mobil 'sendiri' pada Juli 2022, yaitu 49,5% dari penjualannya," katanya.

"Sementara modelnya seperti Innova Crysta dan Fortuner memiliki permintaan yang kuat di segmen khusus mereka (masing-masing MPV premium dan SUV ukuran penuh), pembuat mobil tidak memiliki model 'volume' di India. Satu-satunya hatchback kecilnya, Etios Liva, dihentikan ketika berbenturan dengan emisi BS6 yang diterapkan pada 1 April 2020.

Kerjasama antara kedua perusahaan ini nampaknya terus berlanjut, TKM dan Maruti Suzuki telah memulai produksi sport utility vehicle (SUV) baru di fasilitas manufaktur sebelumnya di Bidadi, dekat Bengaluru.

Pertama Urban Cruiser Hyryder bermerek Toyota akan diluncurkan diikuti oleh Grand Vitara berlogo Maruti Suzuki. Kedua model SUV ini akan memiliki opsi mesin hybrid ringan yang dikembangkan oleh Suzuki dan full hybrid yang dibuat oleh Toyota.



Simak Video "Ternyata SUV Mewah dari Mazda Ini Masih Bisa Tenggak Pertalite, Lho!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT