ADVERTISEMENT

Tunggu Tanggal Mainnya! Citroen Bakal Balik ke Indonesia

M Luthfi Andika - detikOto
Kamis, 04 Agu 2022 19:52 WIB
Citroen dari generasi awal hingga mobil konsep yang diperkenalkan 2019.
Ilustrasi Citroen dari Masa ke masa Foto: doc. Citroen
Jakarta -

Industri otomotif Indonesia bakal semakin meriah, nih, detikers. Kabarnya produsen mobil asal Prancis Citroen siap melakukan comeback di bawah payung Indomobil Group.

DetikOto coba menelusuri kebenarannya, dan benar saja PT Indomobil Group mengakui dan mengiyakan bahwa Citroen telah menyatakan bahwa akan kembali ke Indonesia.

"Infonya benar, bisa tanya Andrew Nasuri dia yang tahu detail-nya," ujar Presiden Direktur Group Indomobil, Jusak Kertowidjojo kepada detikOto.

Berasal dari Prancis, Citroen sejatinya bukan nama baru di Indonesia. Dikutip citroenindonesia.net, Citroen di Indonesia sudah ada sejak tahun 1930-an ditandai dengan masuknya Citroen TA.

Selanjutnya Citroen menunjukkan eksistensinya dengan memperkenalkan seri DS tahun 1950-an dan '60-an. Citroen mulai resmi ada di Indonesia pada tahun 1970-an, dengan hadirnya seri Dyanne (kelanjutan versi 2CV) dipakai sebagai kendaraan proyek pembangunan waduk Jatiluhur Jawa Barat, kemudian ATPM dipegang oleh PT. Alun.

Citroen dari generasi awal hingga mobil konsep yang diperkenalkan 2019.Citroen dari generasi awal hingga mobil konsep yang diperkenalkan 2019. Foto: doc. Citroen

Semenjak itu seri GS beredar di Indonesia pada 1974-1990, seri FAF (pengembangan seri 2CV) 1983,seri CX 1978-1983, dan terakhir seri BX 1986-1994. Sejak 1994 Citroen angkat kaki di Indonesia.

Citroen punya sejarah panjang dalam industri otomatif. Merek ini lahir pada Maret 1919, atau 103 tahun yang lalu. André Citroën mendirikan perusahaan mobil yang mengambil namanya sendiri.

Dia menggunakan sistem ban berjalan dalam pembuatan mobilnya, mengikuti jejak Henry Ford. Mobil model pertamanya, Citroën Type A 10 HP.

Pada Juni 1919 untuk pertama kalinya Citroen diperkenalkan di sebuah show room di Champs-Élysées Nomor 42, milik Fernand Charron.

Pada Juli 1919 Citroen untuk pertama kalinya melakukan pengiriman unit ke tangan konsumen, atau kerap disebut first delivery of Citroen Type A 10 HP. Citroen punya garis DNA yang jelas dengan mengedepankan kenyamanan, kesenangan berkendara, aman, serta dijual pada harga yang terjangkau.

Citroen dari generasi awal hingga mobil konsep yang diperkenalkan 2019.Citroen dari generasi awal hingga mobil konsep yang diperkenalkan 2019. Foto: doc. Citroen

"Setiap mobil baru harus memiliki bagian dari perkembangannya; teknologi baru yang diciptakan atau dibuat agar lebih mudah diakses. Ia tidak pernah berhenti berinovasi dan terhubung dengan orang banyak," ucap Andre kala itu.

Pada Tahun 1991 Citroën diakuisisi oleh Peugeot,dan bergabung dalam PSA Peugeot Citroën. Enam tahun lalu, 2016, PSA Peugeot Citroën berganti nama menjadi Groupe PSA (PSA Group), atau Stellantis, dengan nama resmi Peugeot SA (Peugeot Société Anonyme).



Simak Video "Bawa Mobil Mungil Ini Nggak Perlu SIM"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT