ADVERTISEMENT

Unik! Bentuknya Mobil, Bawa Citroen Ami Nggak Perlu SIM

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 12 Jun 2022 09:07 WIB
Citroen Ami
Citroen Ami Foto: Citroen
Jakarta -

Citroen Ami bisa jadi alternatif kendaraan ramah lingkungan. Prancis mengategorikan kendaraan tersebut sebagai sepeda roda empat karena hanya mengeluarkan tenaga maksimal 8 daya kuda. Bentuknya seperti mobil tapi tak perlu memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

Dikutip dari Deutsche Welle Indonesia, Gersende, remaja putri berusia 15 tahun yang tinggal di Brittany, Perancis menggunakan Citroen Ami sebagai alat transportasi sehari-hari.

Citroen Ami desainnya seperti mobil mungil. Punya empat roda, serta body, dan atap yang melindungi penumpang. Cara menyetirnya lewat kemudi bulat seperti di mobil, tapi Citroen Ami masuk dalam kategori sepeda roda empat. Artinya tidak perlu punya SIM untuk mengendarainya di wilayah Uni Eropa. Di sisi lain, kecepatan maksimal hanya 45 km/jam (27,9 mph) dan memiliki tenaga maksimal 8 daya kuda.

Masing-masing negara punya regulasi sendiri, Gersende yang tinggal di Prancis tidak perlu memiliki SIM untuk mengendarainya. Di negeri itu, Citroen Ami bisa dikendarai dari umur 14 tahun, tapi di United Kingdom hanya boleh umur 17 tahun, dan perlu memiliki SIM.

"Aku terlalu muda untuk memiliki SIM, tapi aku bisa mengendarai Ami karena bisa dikendarai mulai dari 14 tahun," ujar Gersende dicuplik dari DW, Jumat (10/6/2022).

"Ini memberikan aku kebebasan, misalnya, saat saya ingin pergi ke suatu tempat tapi orang tua tidak bisa mengantarkanku," jelas Gersende.

Ami Citroen dibekali baterai lithium ion dengan kapasitas 5,5 kWh. Mobil ini bisa menempuh jarak hingga 46,6 miles atau sekitar 74,4 kilometer. Performa dari titik 0 ke 27,9 mph (45 km/jam) perlu waktu 10 detik.

Mobil ini bisa menampung hingga dua orang penumpang, termasuk pengemudi. Sementara untuk pengisian penuh dari nol ke 100 persen butuh waktu 3 jam.

Citroen Ami juga memiliki desain yang compact alias mungil. Panjangnya hanya 2.410 mm, lebar 1.390 mm, dan tinggi 1.525 mm. Lebih mungil dari mobil mini EV!

Menyoal harga, Citroen Ami dijual mulai dari 7.790 euro atau sekitar Rp 120 jutaan. Hmm, kalau dipasarkan di Indonesia juga, Anda tertarik membelinya detikers?



Simak Video "Bawa Mobil Mungil Ini Nggak Perlu SIM"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT