ADVERTISEMENT

Sangar! Ford Luncurkan Pick-up Listrik untuk Mobil Dinas Polisi

Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 31 Jul 2022 19:54 WIB
Jakarta -

Ford meluncurkan pick up double cabin listrik F-150 Lightning Pro Special Service Vehicle (SSV) yang dirancang khusus untuk kepolisian Amerika Serikat.

Ford F-150 Lightning Pro SSV ini menjadi pick-up listrik pertama garapan Ford yang didesain untuk armada dinas kepolisian.

Ford pick up truck electric F-150 Lightning Pro SSVFord F-150 Lightning Pro SSV ini menjadi pick-up listrik pertama garapan Ford Foto: dok. Ford

"Kami bangga menawarkan truk pickup polisi listrik pertama di Amerika kepada pelanggan pemerintah daerah yang dapat menggunakan teknologi yang mengubah standar truk untuk membantu meningkatkan produktivitas mereka," ujar Nate Oscarson, Ford Pro National Government Sales Manager lewat keterangan resmi.

Pick up listrik ini dibangun dengan basis pick up Ford F-150 yang legendaris. Kendati hadir dengan teknologi canggih ala mobil listrik, desain yang tangguh dari F-150 masih terasa kental di F-150 Lightning Pro SSV ini.

"F-150 Lightning Pro SSV dirancang untuk menangani kebutuhan departemen khusus di luar situasi pengejaran, seperti membantu pada kecelakaan atau TKP atau memberi departemen kemampuan untuk menderek perahu atau trailer," tulis Ford.

Tak main-main, Ford merancang mobil ini untuk mampu memiliki tenaga maksimal 452 HP dan torsi 1.050 Nm dengan baterai standard-range.

Sementara dengan baterai extended-range, F-150 Lightning Pro SSV diklaim akan mengusung motor listrik berdaya maksimal 580 HP dan torsi 1.050 Nm. Ford F-150 Lightning Pro SSV ini diklaim hanya butuh waktu sekitar 4 detik untuk berakselerasi 0-100 km per jam.

Ford pick up truck electric F-150 Lightning Pro SSVFord juga membenamkan 220 A DC to DC power source di area bak seluas 3,9 meter perseginya Foto: dok. Ford

Sedangkan untuk menunjang kepraktisan polisi ketika bertugas, Ford juga membenamkan 220 A DC to DC power source di area bak seluas 3,9 meter perseginya.

Khas Ford kekinian, pick up listrik ini juga dibekali dengan teknologi keselamatan canggih yang dirangkum dalam Ford Co-Pilot360 Technology. Dengan fitur ini, mobil dapat otomatis mengambil langkah pengereman jika terlalu dekat dengan objek.

"Ford telah menyediakan kendaraan yang dibutuhkan departemen kepolisian untuk melindungi dan melayani masyarakat selama lebih dari 70 tahun. Saat ini, pelanggan Ford Pro mencakup lebih dari 12.000 departemen kepolisian di seluruh negeri dan jajaran kendaraan polisinya terjual lebih banyak daripada gabungan semua kendaraan polisi lainnya," tulis Ford.

(mhg/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT