ADVERTISEMENT

Masalah Perangkat Lunak, Hampir 3.000 Ford F-150 Lightning Kena Recall

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Jumat, 01 Jul 2022 19:35 WIB
Ford F-150 Lightning
Ford F-150 Lightning (Foto: Dok. Ford Motor Co)
Jakarta -

Ford mengumumkan penarikan kembali atau recall terhadap Ford F-150 Lightning dari jalanan. Masalah perangkat lunak yang salah memberikan informasi terkait tekanan ban menjadi penyebab recall ini.

Dilansir Electrek, ini merupakan recall pertama yang dilakukan Ford untuk model pikap listrik F-150 Lightning. Pihak Ford mengatakan terdapat masalah di bagian perangkat lunak yang mengganggu sistem pemantauan tekanan ban (TPMS).

Kondisi tersebut menyebabkan sistem tidak dapat memberikan informasi dan peringatan kepada pengemudi terkait tekanan ban yang sesuai saat berkendara. Seharusnya tekanan ban yang direkomendasikan berada di 42 psi, namun justru salah dan disetel ke 35 psi.

Tekanan udara ban yang rendah diprediksi dapat menyebabkan hilangnya kendali kendaraan. Hal ini berisiko menyebabkan kecelakaan dan menimbulkan korban jiwa.

"Tekanan inflasi ban yang rendah dapat menyebabkan penanganan kendaraan yang buruk dan kemungkinan hilangnya kendali kendaraan, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan," tulis pernyataan resmi Ford.

Ford F-150 LightningFord F-150 Lightning Foto: Ford

"Ford mendorong konsumen untuk memeriksa kecocokan tekanan ban dengan angka yang tertera pada label Informasi Ban dan Pemuatan yang terletak di dalam kusen pintu depan sisi pengemudi," kata Ford.

Lantas, adanya masalah tersebut membuat Ford harus menarik kembali sekitar 2.990 unit Ford F-150 Lightning dari peredaran. Secara rinci, 2.666 unit berada di Amerika Serikat dan 220 unit sisanya di Kanada.

Ford mengungkapkan, konsumen F-150 Lightning yang terdampak akan dikirim pemberitahuan melalui email dan aplikasi Ford atau bisa datang langsung ke bengkel resmi. Nantinya teknisi akan melakukan perbaikan yang diprediksi memakan waktu sekitar 20 menit.

Ford juga akan menyediakan pembaruan perangkat lunak melalui update Over the Air (OTA) dalam 30 hari untuk seluruh pengguna Ford F-150 Lightning.



Simak Video "Ford Luncurkan F-150 Lightning Pro SSV, Pikap Listrik Khusus Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT