ADVERTISEMENT

Honda Malaysia Recall City, City Hatchback, HR-V dan BR-V, Indonesia Bagaimana?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 22 Jun 2022 15:09 WIB
Honda City Hatchback RS
Honda recall ribuan mobil di Malaysia, Indonesia gimana? (Foto: Luthfi Anshori/detikcom).
Jakarta -

Honda Malaysia mengumumkan recall atau penarikan ribuan mobilnya. Mobil yang terdampak recall adalah Honda City, City Hatchback, HR-V dan BR-V. Bagaimana dengan Indonesia?

Honda Malaysia menyebut, recall ini merupakan tindakan keselamatan. Ada beberapa kendala, utamanya adalah recall ini dilakukan untuk pemeriksaan kekencangan mur.

"Penarikan kembali ini adalah tindakan pencegahan keamanan untuk memeriksa pengencangan mur pada terminal ACG (alternating current generator) dari engine harness. Hal ini dapat menyebabkan terminal kontak yang buruk dan kerusakan baterai yang dapat menyebabkan mesin berhenti saat mengemudi atau tidak dapat menghidupkan mesin setelah mobil berhenti. Model yang terkena dampak adalah 1.068 unit City 2021 dan City Hatchback 2022," tulis Honda Malaysia dalam keterangan resminya.

Sementara sebanyak 343 unit Honda HR-V model tahun 2020 dan 116 unit BR-V model 2021 dilakukan recall untuk memeriksa kekencangan baut yang berpotensi menyebabkan wire harness longgar. Hal ini dapat menyebabkan terminal kontak yang buruk dan bisa mengakibatkan mesin mogok saat dikendarai serta tidak bisa dihidupkan lagi.

"Honda Malaysia meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan kepada pelanggan yang terkena dampak dan meyakinkan bahwa semua model produksi dan penjualan saat ini tidak terpengaruh dalam penarikan produk ini. Sampai hari ini, tidak ada insiden kecelakaan atau cedera yang disebabkan oleh masalah ini yang dilaporkan di Malaysia," katanya.

"Inspeksi, perbaikan, dan penggantian suku cadang yang terpengaruh tidak dikenai biaya dan semua biaya yang terkait dengan aktivitas penarikan ini akan ditanggung oleh Honda Malaysia," sambungnya.

Bagaimana dengan Honda City, City Hatchback, HR-V dan BR-V yang dijual di Indonesia? Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, model-model yang dijual di Indonesia aman.

"Berdasarkan informasi yang kami terima saat ini, Indonesia tidak terdampak untuk program recall ini," sebut Billy kepada detikcom, Rabu (22/6/2022).



Simak Video "Sudah Tahu Belum? Honda Gelar Recall untuk PCX dan ADV 160 Lho!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT