ADVERTISEMENT

Setelah Filipina, Negara Mana yang Dibidik Nissan Livina Berwajah Xpander?

Dina Rayanti - detikOto
Jumat, 29 Jul 2022 19:11 WIB
New Nissan Livina
Nissan Livina sudah masuk Filipina, adakah negara lain yang dituju setelahnya? Foto: PT Nissan Motor Indonesia
Jakarta -

Nissan Livina buatan Cikarang akhirnya mengikuti jejak sang kembaran Mitsubishi Xpander untuk menjelajah mancanegara. Negara tujuan pertama yang dituju oleh Nissan Livina rakitan pabrik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) adalah Filipina.

Sebelum Livina, Mitsubishi Xpander juga telah lebih dulu menginjakkan kaki di sejumlah negara dan Filipina merupakan salah satunya.

Mengutip data distribusi ekspor CBU yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Xpander buatan Cikarang telah merambah Mesir, Bolivia, Peru, Afrika Selatan, hingga Timur Tengah.

Lalu akankah Nissan Livina menyusul jejak kembarannya itu di luar negeri?

"Masih belum bisa dipastikan," terang Head of Marketing Communication Nissan Motor Distribution Indonesia Julian Olmon ketika dikonfirmasi detikcom, Jumat (29/7/2022).

Meninjau Ibu Kota Baru Bersama Nissan LivinaIlustrasi Meninjau Ibu Kota Baru Bersama Nissan Livina Foto: Dok. Nissan

Julian juga menjelaskan soal Filipina yang menjadi tujuan ekspor dari Nissan Livina. Menurutnya, itu murni karena adanya permintaan dari negara itu.

"Tidak ada pertimbangan khusus, hanya berdasarkan hukum demand dan supply," tambah Julian.

Adapun untuk soal spesifikasi mendetail belum terungkap. Namun kata Julian, satu hal yang jelas berbeda adalah tata letak setir. Bila Indonesia setir berada di kanan, maka Filipina melakukan penyesuaian karena setir kiri.

Tampaknya Nissan Livina belum diluncurkan di Filipina. Pun saat detikcom menelusuri laman Nissan Filipina, nama Livina belum tercantum di sana.

Meski begitu, mengutip media Filipina Autoindustriya, Nissan Filipina sudah mengumumkan rencananya untuk meluncurkan Livina berwajah Xpander tapi belum diketahui waktu pastinya. Sekadar informasi, saat ini Nissan Filipina hanya menawarkan Navara, Urvan, Patrol, 370Z, GT-R, Leaf, Almera, dan juga Terra. Setidaknya ada empat varian Nissan Livina yang dikirim ke Filipina yakni satu bertransmisi manual sedangkan tiga lainnya mengusung transmisi otomatis.



Simak Video "Xpander Sudah Disegarkan, Livina Kapan?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT