Adu Fitur 'Si Kembar' Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 25 Mei 2022 17:26 WIB
Mitsubishi New Xpander
Mitsubishi Xpander punya beberapa perbedaan dengan kembarannya Nissan Livina. Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Jakarta -

Fitur yang disajikan Nissan pada Livina menjadi salah satu pembeda dengan sang kembaran Mitsubishi Xpander. Seperti diketahui bersama, pada tahun 2019 Nissan membangun Livina dari platform yang sama dengan Mitsubishi Xpander.

Namun demikian, Nissan berjanji tidak akan menghilangkan ciri khas mereknya pada Livina. Untuk itu, Livina menyajikan fitur berbeda bahkan kala itu lebih canggih dari Xpander.

Dari sisi eksterior, Nissan Livina dilengkapi dengan Dual LED Signature dengan DTRL, velg berukuran 16 inchi, LED Rear Combination Lamp. Di depan, grille 'V-Motion' khas Nissan juga disematkan pada Livina. Di bagian interior, terdapat layar sentuh berukuran 9 inchi yang sudah terkoneksi ke smartphone. Lalu ada juga Color MID dengan Eco Indicator.

Nissan Livina dibekali fitur ABS, EBD, BA, Hill Start Assist, Vehicle Dynamic Control, Traction Control System, Dual SRS Airbag, Auto Hazard Light on Emergency Braking, Parking Sensor, hingga Rear View Camera. Sementara untuk transmisi varian otomatis masih menggunakan konvensional 4 percepatan.

Meninjau Ibu Kota Baru Bersama Nissan LivinaIlustrasi Meninjau Ibu Kota Baru Bersama Nissan Livina Foto: Dok. Nissan

Bagaimana dengan Mitsubishi Xpander? Belum lama ini, Mitsubishi menghadirkan penyegaran pada Xpander. Tampilan eksteriornya dipermak, interiornya juga, fiturnya ditambah, dan transmisinya otomatisnya menggunakan CVT.

Mitsubishi Xpander saat ini mengusung lampu depan dan belakang berbentuk huruf T. Desain bemper depan dipermak sehingga tampil lebih elegan. Desain belakang juga mengalami sedikit ubahan. Untuk velg khususnya tipe Ultimate menggunakan ukuran 17 inchi.

Masuk ke bagian dalam, tersemat beberapa hal baru seperti Digital AC, dashboard bergaya modern, desain meter cluster baru dengan animasi, desain setir baru, head unit berukuran 8 inchi dengan konektivitas ke ponsel, hingga rem tangan yang sudah elektrik.

Kemudian untuk fitur keamanan tak banyak berubah dari model sebelumnya. Mitsubishi Xpander anyar masih menyematkan Dual SRS Airbag, Pedestrian Protection, ABS, EBD dengan Brake Assist, Active Stability Control, Hill Start Assist, Emergency Stop Signal, Speed Sensing Door Lock, serta Parking Sensor, dan Rear View Camera.



Simak Video "Xpander Sudah Disegarkan, Livina Kapan?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)