Kapan Nih Nissan Livina Ikuti Jejak Mitsubishi Xpander?

ADVERTISEMENT

Kapan Nih Nissan Livina Ikuti Jejak Mitsubishi Xpander?

Dina Rayanti - detikOto
Rabu, 25 Mei 2022 13:10 WIB
Meninjau Ibu Kota Baru Bersama Nissan Livina
Foto: Nissan Livina belum dapat pembaruan, meski kembarannya Mitsubishi Xpander sudah ada versi barunya. Dok. Nissan
Jakarta -

Meski dibangun dari platform yang sama, Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina dibekali dengan fitur berbeda. Tampilannya juga tidak identik lagi usai Mitsubishi 'mendandani' tampilan Xpander pada November 2021.

Fitur di dalam Mitsubishi Xpander juga ditambahkan untuk memikat para konsumennya di Tanah Air. Transmisi otomatis Xpander juga kini diganti menggunakan CVT, bukan lagi matik konvensional.

Cerita Nissan Livina beda lagi. Meluncur perdana tahun 2019, Nissan belum melakukan ubahan pada Livina. Nissan masih bertahan dengan Livina yang ada sekarang. Lalu kapan Nissan Livina bakal menyusul jejak Mitsubishi Xpander?

"Kita belum bisa jawab sekarang, nanti akan kita kabari ya," jelas Head of Marketing Communication Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) Julian Olmon kepada detikcom belum lama ini.

Julian lebih lanjut menjelaskan, Nissan Livina saat ini masih bisa diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia meski dalam data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan terlihat menurun.

Sekadar informasi, saat pertama kali lahir tahun 2019, distribusi Nissan Livina secara wholesales sebesar 8.609 unit sedangkan Xpander 59.789 unit. Kemudian setahun setelahnya, penjualan wholesales Livina terlihat meningkat menjadi 9.082 unit. Di tahun pandemi ini, penjualan Xpander juga terlihat merosot tajam menjadi 14.793 unit.

Beralih ke tahun 2021 saat kondisi mulai perlahan pulih usai industri otomotif dihantam pandemi. Kala itu, Mitsubishi mendistribusikan Xpander sebanyak 23.500 unit. Sedangkan distribusi Livina malah turun menjadi hanya 6.783 unit.

Sepanjang empat bulan pertama tahun 2022, distribusi Nissan Livina hanya mencapai 711 unit. Sementara sang kembaran Xpander sudah terdistribusi sebanyak 11.754 unit. Julian tak memungkiri, penurunan tersebut disebabkan oleh hantaman pandemi yang melanda Indonesia dua tahun belakangan.

"Seperti kita ketahui bersama bahwa awal tahun 2022 kita masih berjibaku dengan pandemic Covid19 varian Omicron," tutur Julian.



Simak Video "Xpander Sudah Disegarkan, Livina Kapan?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT