ADVERTISEMENT

Mobil Rp 85 Jutaan Suzuki S-Presso Diuji Tabrak Ulang, Ini Hasilnya

Dina Rayanti - detikOto
Senin, 04 Jul 2022 13:40 WIB
Jakarta -

Dua tahun lalu, lembaga pemeringkat Global New Car Assessment Program (NCAP) menguji tabrak Suzuki S-Presso untuk pasar India. Hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa aman mobil yang dibanderol Rp 85 jutaan itu ketika mengalami tubrukan di jalan.

Sayangnya, hatchback mungil itu justru sama sekali tak mendapat bintang untuk perlindungan penumpang dewasa. Sedangkan untuk proteksi penumpang anak mendapat dua bintang.

Hasil uji tabrak yang rendah itu, bisa dibilang membuat reputasi Suzuki S-Presso sebagai mobil terjangkau dipertanyakan. Khususnya soal perlindungan kepada penumpang di dalam mobil. Beruntung di beberapa negara, Suzuki S-Presso yang ditawarkan lebih baik ketimbang versi India.

Global NCAP bersama dengan asosiasi otomotif Afrika Selatan baru-baru ini mengumumkan hasil pengujian Suzuki S-Presso dengan protokol baru. Dalam pengujian tersebut, Suzuki S-Presso berhasil mengamankan tiga bintang.

Adapun untuk mobil yang diuji, menggunakan spesifikasi untuk Afrika Selatan. Rinciannya, Suzuki S-Presso yang diuji dibekali dengan dua airbag di depan beda dengan India yang hanya memiliki satu airbag untuk sopir.

Suzuki juga disebut melakukan perbaikan pada struktur bodi dan frame mobil. Hasilnya S-Presso memberikan perlindungan untuk dewasa dengan skor 8,96 poin dari total 17 poin. Baik pengendara dan penumpang depan mendapat perlindungan baik di sisi kepala. Sayang, S-Presso masih kurang konsisten memberi perlindungan di dada konsumen ketika terjadi kecelakaan. Penumpang depan terlindungi lebih baik baik di dada maupun kaki.

Sedangkan untuk perlindungan anak, S-Presso membukukan poin rendah yakni hanya 15 dari 49 poin. Ini tak berbeda jauh dengan performa keamanan pada S-Presso versi India dua tahun lalu. Rendahnya skor yang dihasilkan salah satunya disebabkan ketidakhadiran Isofix dan titik seat belt dan Child Restraint System.

"Performa keamanan S-Presso di Afrika Selatan masih jauh dari harapan dan perbaikan itu tidak tampak pada proteksi anak-anak karena hasilnya masih sama dengan versi India tahun 2020. Di India sendiri tengah ada peningkatan keamanan dengan standar 6 airbag. Kami harap Maruti Suzuki tidak mengaplikasikan standar ganda untuk mobil yang dijual di Afrika dengan versi India," kata Sekretaris Jenderal Global NCAP, Alejandro Furas.

Selain Afrika Selatan dan India, kabarnya Suzuki S-Presso bakal segera masuk Indonesia. Baru-baru ini mobil terlihat diangkut menggunakan truk kontainer di jalanan Indonesia. Akankah mobil mengusung fitur yang sama dengan versi India?

(dry/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT