Kapan S-Presso Masuk Indonesia? Ini Jawaban Suzuki

M Luthfi Andika - detikOto
Rabu, 22 Jun 2022 16:08 WIB
Suzuki S-Presso.
Suzuki S-Presso kabarnya mau masuk Indonesia (Foto: Maruti Suzuki)
Jakarta -

Ramai di media sosial penampakan Suzuki S-Presso tengah di towing. Postingan yang sempat ramai dibicarakan netizen itu dijawab oleh Suzuki.

Rumor Suzuki S-Presso bakal datang ke Indonesia kemudian diperkuat dengan kemunculannya pada website Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham. Dalam pangkalan data kekayaan intelektual, S-Presso didaftarkan Suzuki Motor Corporation sejak 25 Maret 2021.

Di sela-sela sesi Test Drive All New Suzuki Ertiga Hybrid Surabaya-Batu, Malang, Jawa Timur, kami menanyakan rumor tersebut. Apa jawaban Suzuki?

"Untuk produk-produk yang akan kami luncurkan nanti, pasti kami akan memberitahu rekan-rekan. Produk baru sebentar lagi, sabar," ucap 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Ismi Saputra.

Memang Donny tidak memberikan jawaban pasti akan keberatan Suzuki S-Presso, meski demikian kabar ini mungkin akan menjadi angin segar untuk pecinta Suzuki di Indonesia.

Diberitakan sebelumnya, foto Suzuki S-Presso yang diangkut truk kontainer diunggah oleh akun Instagram @indra_fathan (15/6). Dikatakan foto tersebut diambil di sekitar wilayah Tanjung Priok, Jakarta Utara. Mobil itu menggunakan velg alloy seperti unit yang dijual di Filipina.

Suzuki S-Presso.Suzuki S-Presso. (Foto: Maruti Suzuki)

Suzuki S-Presso didaftarkan dengan nomor permohonan DID2021020609. Penamaan S-Presso ditunjukkan untuk berbagai komponen pada mobil, mulai dari suspensi, tangki bahan bakar, kaca spion, rem, tuas transmisi, dan lain sebagainya.

Sebagai informasi, Suzuki S-Presso sudah dijual di India sejak 2019. Mobil ini punya dimensi kompak dengan panjang 3.665 mm, lebar 1.520 mm, serta tinggi 1.549 mm sampai 1.564 mm, dan wheelbase 2.380 mm. Mobil ini tersedia opsi velg berukuran 13 inci dan 14 inci.

Sebagai mobil mungil dengan banderol murah, Suzuki S-Presso tak butuh mesin besar. Mobil ini cuma pakai mesin BS-VI K10B dengan kapasitas 1.000 cc tiga silinder. Mesin yang meminum bahan bakar bensin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 50 kW dengan torsi maksimal 90 Nm.

Ada pilihan transmisi manual 5 percepatan atau automated manual 5 percepatan. Dengan mengusung mesin kecil, Suzuki S-Presso diklaim irit. Konsumsi bahan bakarnya hanya 21,7 km/liter sampai 21,4 km/liter.

Untuk fitur keamanan dan keselamatan, Suzuki S-Presso sudah dibekali dua airbag, ABS dengan EBD, sensor parkir belakang, hingga sistem peringatan kecepatan tinggi.

Harga mobil ini di India tak lebih dari Rp 100 juta. Dikutip Carwale, Suzuki S-Presso paling murah dijual 439 ribu Rupee atau Rp 85 juta. Sedangkan tipe tertingginya 536 ribu Rupee atau sekitar Rp 103 juta.



Simak Video "Sudah Terdaftar di RI, Ini Wujud Suzuki S-Presso Seharga Rp 85 Jutaan"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)