5 Mobil Buatan Indonesia Paling Laris di Luar Negeri

ADVERTISEMENT

5 Mobil Buatan Indonesia Paling Laris di Luar Negeri

Dina Rayanti - detikOto
Selasa, 21 Jun 2022 06:36 WIB
Foto udara mobil-mobil yang akan diekspor di Terminal Kendaraan Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Selasa (29/3/2022). Presiden Joko Widodo menunjukkan optimistis Indonesia dapat mengekspor 180 ribu mobil sepanjang 2022 dari Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat. ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/foc.
Mobil buatan Indonesia siap dikirim ke mancangara. (Foto: ANTARA FOTO/Muhamad Ibnu Chazar)
Jakarta -

Kalau kamu tengah pergi ke luar negeri dan melihat sejumlah model yang juga terlihat di jalanan Indonesia, tak perlu heran. Ya, bisa jadi itu memang mobil buatan Indonesia yang memang dikirim ke negara tersebut. Sekadar informasi, sejumlah pabrikan yang memproduksi mobil di Indonesia juga mengirimnya ke mancanegara.

Toyota misalnya, dalam data distribusi ekspor CBU yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mengirimkan 11 model mobil yang diproduksi di dua pabrik. Pertama adalah pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Modelnya antara lain, Veloz, Fortuner, Innova, Sienta, Vios, hingga Yaris. Kemudian mobil Toyota yang dilahirkan di pabrik Daihatsu untuk dikirim ke mancanegara yaitu Rush, Raize, Wigo, Avanza, Town Ace, dan Lite Ace.

Suzuki tak mau ketinggalan. Sejumlah produknya seperti XL7, Ertiga, Carry, sampai APV buatan Indonesia juga menyambangi puluhan negara. Mitsubishi pun demikian, dengan mengandalkan dua model nyatanya produk garapan pabrik Cikarang itu cukup diminati.

Hyundai juga langsung tancap gas, meski baru mendirikan pabrik produksi di dalam negeri. Saat ini, baru ada satu model mobil Hyundai yang dikirim ke luar negeri yakni Creta. Honda juga diketahui mengirim Brio dan BR-V ke beberapa negara. Pabrikan China Wuling dan DFSK juga menjadikan Indonesia sebagai basis ekspor kendaraan mereka.

Dari keseluruhan model itu, mobil buatan Indonesia yang paling laris di luar negeri sepanjang Mei 2022 adalah Toyota Rush. Selama bulan kelima tahun 2022 itu, distribusi ekspor Rush mencapai 3.989 unit. Kemudian Hyundai Creta membuntuti di posisi kedua dengan torehan 3.099 unit. Terbanyak ketiga ada Toyota Fortuner yang diekspor sebanyak 2.753 unit.

5 mobil buatan Indonesia paling laris di luar negeri:

  1. Toyota Rush: 3.989 unit
  2. Hyundai Creta: 3.099 unit
  3. Toyota Fortuner: 2.753 unit
  4. Toyota Veloz: 2.460 unit
  5. Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross): 2.360 unit

Secara keseluruhan, ekspor mobil buatan Indonesia pada bulan Mei mengalami penurunan dari sebelumnya 71.732 unit pada April menjadi 52.307 unit.



Simak Video "Ini Daftar 10 Negara Paling Kepincut Sama Mobil Produksi Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT