ADVERTISEMENT

Di Indonesia Jokowi Pakai Mercy, Bertamu di Jerman Naik BMW

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 28 Jun 2022 11:14 WIB
Mobil BMW Dipakai Jokowi di Jerman
Mobil BMW Dipakai Jokowi di Jerman (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah tiba di Jerman untuk mengikuti rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Istana Elmau, Jerman. Di Jerman, Jokowi menggunakan mobil BMW.

Ini berbeda dengan mobil yang dipakai Jokowi di Indonesia. Mobil dinas Jokowi di Tanah Air sama-sama mobil Jerman. Namun, di Indonesia Jokowi menggunakan Mercedes-Benz S600 Guard.

Sementara di Jerman, Jokowi naik mobil sedan BMW. Dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden, setelah mendarat di Munich, Jerman, kemarin, Jokowi disambut Menteri Urusan Eropa dan Internasional, Negara Bagian Bavaria Melanie Huml, Duta Besar RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno beserta istri, dan Atase Pertahanan RI Kolonel Budi Wibowo beserta istri.

Dari Munich International Airport, Jokowi menuju hotel menggunakan sedan BMW Seri 7. Ibu Iriana juga ikut naik BMW Seri 7 tersebut.

Adapun mobil BMW yang dipakai Jokowi dan Iriana adalah BMW Seri 7 generasi kelima. Mobil itu diproduksi antara 2008-2015.

BMW Seri 7 itu merupakan mobil BMW pertama yang dibekali sistem hybrid yang disebut ActiveHybrid 7 serta transmisi otomatis 8 percepatan dan mesin V12 turbocharged. Ini juga merupakan Seri 7 pertama yang tersedia dengan mesin bensin turbo dan all-wheel drive (xDrive).

BMW Seri 7 juga sempat ditawarkan untuk dijadikan mobil dinas Jokowi di Indonesia, meski pemerintah akhirnya memilih Mercedes-Benz S-Class. BMW Seri 7 yang ditawarkan itu adalah BMW Seri 7 Security Vehicle F02 yang cocok untuk petinggi negara.

Mengutip situs resminya mobil yang masuk dalam BMW Security Vehicle didesain untuk tahan terhadap tiga risiko besar seperti tindak kriminal di jalan misalnya mampu menahan peluru sekaliber 0,44 Magnum, kejahatan terorganisir seperti mampu menangkis peluru sekelas AK-47, sampai serangan ledakan sekalipun.

Sedangkan untuk BMW seri 7 High Security merupakan sedan pertama di dunia yang bisa menahan peluru VR7. Di area transparannya, bisa resisten terhadap peluru kelas VR9.

Sementara itu, mobil dinas Jokowi di Indonesia sama-sama mobil Jerman. Bedanya, di Indonesia Jokowi menggunakan mobil dinas Mercedes-Benz S600 Guard.

Mercedes-Benz S600 Guard itu sudah dilengkapi dengan peralatan antipeluru. Mobil S 600 Guard bisa melindungi penumpangnya yang duduk di jok belakang dari serangan senjata mesin M60.

Kaca mobil S 600 Guard lebih tebal beberapa kali dibanding kaca standar. Kaca ini sangat berat sehingga butuh perangkat hidrolik untuk membuka dan menutup kaca. Mobil memiliki sistem udara khusus yang bisa menyediakan oksigen sendiri saat di sekeliling mobil ada gas yang berbahaya.



Simak Video "Swasembada Beras, Indonesia Terima Penghargaan Ketahanan Pangan dari IRRI"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT