All New Ertiga Hybrid Kok Baterainya Kecil?

M Luthfi Andika - detikOto
Jumat, 24 Jun 2022 08:38 WIB
PT Suzuki Indomobil Sales resmi meluncurkan Ertiga Hybrid di Jakarta, Jumat (10/6). Mobil yang mengusung teknologi hybrid itu dijual dengan harganya yang cukup terjangkau.
Kenapa Suzuki All New Ertiga Hybrid hanya disematkan baterai kecil? (Foto: Pradita Utama/detikoto)
Jakarta -

All New Ertiga hadir membawa penyegaran baru yakni sistem hybrid yang kini tersemat melalui baterai lithium ion 6AH 12V. Meski baterai yang disematkan pada Ertiga kecil, Suzuki mengklaim baterai ini bisa ikut meningkatkan efisiensi bahan bakar dan ikut menekan emisi gas buang.

Kendati demikian, apa yang menjadi alasan utama Suzuki hanya menerapkan baterai kecil pada All New Ertiga Hybrid ya? Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 4W, Donny Ismi Saputra, memberikan jawabannya.

"Untuk di kota-kota besar dari 1 jam 60 menit itu stop and go itu, bisa 20 menit. Kalau 20 menit tidak ada pembakaran (pembakaran mesin bensin saat bekerja) itu efisiensi, saat ada akselerasi dan deselerasi ini ada tenaga yang bisa disimpan (daya dialihkan menjadi tenaga tambahan yang dimasukkan dalam baterai)," ucap Donny di sela-sela acara media test drive di Malang, Jawa Timur.

Donny menambahkan torsi puncak Ertiga Hybrid dibandingkan Ertiga konvensional memiliki angka yang sama, namun Ertiga Hybrid bakal lebih efisien berkat bantuan baterai.

Suzuki Ertiga Hybrid SSSuzuki Ertiga Hybrid SS Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

"Mungkin banyak yang bilang baterai Ertiga hybrid ini kecil, tapi kalau kita lihat terperinci, Ertiga hybrid ini ada tambahan daya sampai 50 NW di RPM 1.500-4.000 jadi torsi puncaknya sama (dengan Ertiga konvensional). Tapi untuk mendapatkan torsi puncak sampai ke 6.000, harus menambah bensin (untuk Ertiga konvensional)," penjelasan Donny.

"Dan ini digantikan baterai, itu bisa terbantukan (untuk Ertiga Hybrid). Selain itu ada deselerasi energi yang tidak terbuang, yang memiliki impact kepada efisiensi. Kedua, saat di tol itu ada cruise control supaya bisa lebih efisien dan bisa memberikan manfaat pada konsumsi bahan bakar," Donny menambahkan.

Suzuki Ertiga Hybrid SSSuzuki Ertiga Hybrid SS Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Suzuki All New Ertiga Hybrid sudah diperkenalkan mulai GX-MT Rp 270.300.000, GX-AT Rp 281.300.000, SS-MT Rp 281.300.000, dan yang termahal SS-AT Rp 292.300.000. Suzuki Ertiga menjadi mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) pertama yang menggendong teknologi Mild Hybrid di Indonesia.



Simak Video "Mobil Terlaris di Mei 2022: Toyota Masih Raja, Hyundai Salip Wuling"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)