ADVERTISEMENT

Rolls-Royce Phantom Nagita: Minimal Tenggak Pertamax Plus, 1 Liter Buat 4,4 Km

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 22 Jun 2022 08:07 WIB
raffi ahmad
Rolls-Royce Phantom (Foto: Asep Syaifullah/detikOto)
Jakarta -

Rolls-Royce Phantom kini jadi mobil baru Nagita Slavina. Mobil itu merupakan kado dari suaminya, Raffi Ahmad. Penasaran nggak sih dengan spesifikasi teknis mobil yang ditaksir punya harga Rp 20 miliar itu?

Dikutip dari lembar informasi Rolls-Royce APAC, mesin dari Rolls-Royce Phantom ini dedesain untuk bensin dengan oktan 95, meski begitu mobil disebut bisa jalan dengan bensin tanpa timbal minimum oktan 91. Di Indonesia, produk BBM dengan angka oktan 95 beragam, mulai dari Pertamax Plus, V-Power, Performance 95, BP95, dan Revvo 95.

Bensin dengan angka oktan tinggi itu untuk mendukung performa mesin V12 berkapasitas 6.749 cc yang sanggup memuntahkan tenaga 571 PS di 420 kW pada 5.000 rpm. Sementara torsinya 900 Nm di 1.700 rpm.

Oke, performa dari Rolls-Royce Phantom memang nggak perlu diragukan lagi. Mobil ini bisa mencapai top speed 250 km/jam, akselerasi dari nol ke 100 km/jam cuma 5,4 detik! ngebut banget, kan?

Punya bobot hingga 2.745 kilogram, serta mesin berkapasitas besar, berapa konsumsi BBM dari Rolls-Royce Phantom ini?

Berdasarkan penghitungan ECE Driving Cycle, untuk kategori urban di mana mewakili konsumsi bahan bakar saat berkendara di kondisi dalam kota dengan lalu lintas lokal yang padat dan macet, Rolls-Royce bisa tembus 22,3 liter/100 km atau sekitar 4,48 km/liter.

Sedangkan kategori ekstra urban, kondisi konsumsi bahan bakar dengan kecepatan rata-rata yang sedikit lebih tinggi, jarak yang sedikit lebih jauh dan sering berakselerasi untuk mencapai kecepatan di tol bisa mencapai 10,1 liter/100 km atau sekitar 9,9 km/liter.

Lebih lanjut kondisi kombinasi antara urban dan ekstra urban disebut bisa mencapai 14,5 liter/100 km atau sekitar 6,8 km/liter.

Memang mobil ini bukan kendaraan biasa. Selain banderol miliaran untuk mendapatkannya, pun ongkos hariannya juga perlu uang yang tak sedikit ya detikers!



Simak Video "Sultan! Raffi Ahmad dan Nagita Bakal Bangun Apartemen di Andara "
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT