ADVERTISEMENT

Wih! Hyundai Ioniq 5 Jadi Taksi Online 'Tanpa Sopir' di Korea Selatan

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 12 Jun 2022 17:30 WIB
Hyundai Ioniq 5
Hyundai Ioniq 5 jadi taksi online pertama 'tanpa sopir' di Gangnam, Korea Selatan Foto: Hyundai Motor Group
Jakarta -

Hyundai Motor Group (Grup) akan menguji coba layanan taksi online RoboRide di Gangnam di Seoul, Korea Selatan. Mobil yang dipakai ialah Ioniq 5 yang dibekali sistem otonom level 4.

"Di Hyundai Motor Group, kami sedang mengembangkan teknologi mengemudi otonom level 4 berdasarkan Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang dikembangkan secara internal, yang fungsionalitas dan keamanannya diverifikasi melalui produksi massal dan peluncuran komersial yang sukses," kata Woongjun Jang, Wakil Presiden Senior dan Kepala Pusat Mengemudi Otonom Hyundai Motor Group dalam keterangannya dikutip, Minggu (12/6/2022).

Layanan taksi online ini akan menjadi kendaraan otonom pertama yang beroporasi di Gangnam, salah satu kota metropolitan yang padat. Selain itu, Hyundai Grup juga sudah memperoleh izin operasi mengemudi sementara dari Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi Korea.

Hyundai berkolaborasi dengan start-up asal Korea, Jin Mobility. Perusahaan itu mengoperasikan Artificial Intelligence (AI) bernama 'i.M'. Jin Mobility juga bertanggung jawab untuk mengoperasikan dua unit Ioniq 5 pada aplikasi tersebut.

Perusahaan juga sudah bekerjasama dengan Pemerintah Seoul untuk membangun sistem yang dapat menghubungkan sinyal lalu lintas dengan kendaraan otonom. Di sisi lain, proyek ini juga sudah mengumpulkan banyak data mengemudi sejak 2019, bersamaan pengujian kendaraan otonom di Gangnam.

"Dimulai dengan layanan percontohan RoboRide bekerja sama dengan Hyundai Motor Group, kami berharap dapat memimpin kancah mobilitas masa depan," kata Lee Seong-wook, CEO Jin Mobility.

Meski mobil Ioniq 5 bisa berjalan secara otomatis, tapi pengawasan tidak dilepas begitu saja. Layanan ini juga menyediakan sistem bantuan kendali jarak jauh untuk memastikan keamanan.

Sebagai pengaman ganda, masih terdapat pengemudi di dalam mobil. Namun fungsinya hanya sebagai pengawas, yang sifatnya tanggap ketika mobil dalam keadaan darurat.

Berdasarkan teknologi mengemudi otonom level 4, kendaraan RoboRide akan merasakan, membuat keputusan, dan mengontrol status mengemudinya sendiri, sementara pengemudi keselamatan hanya akan campur tangan dalam kondisi terbatas.

Layanan percontohan RoboRide akan beroperasi dari Senin hingga Jumat, pukul 10 pagi sampai 4 sore waktu setempat. Tiga penumpang diperbolehkan naik ke dalam taksi online otomatis tanpa sopir ini.

Won Hee-ryong, Menteri Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Korea Selatan, dan Oh Se-hoon, Walikota Seoul City, menjadi pelanggan pertama yang menguji coba kendaraan RoboRide.



Simak Video "Mulai Rp 11 Jutaan Per Bulan, Ini Skema Kredit Hyundai Ioniq 5"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT