ADVERTISEMENT

Diklaim Lebih Efisien, Berapa Konsumsi Bahan Bakar Suzuki Ertiga Hybrid?

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 12 Jun 2022 12:42 WIB
Suzuki Ertiga Hybrid
Foto: Luthfi Anshori/detikOto. Suzuki Ertiga Hybrid.
Jakarta -

Suzuki All New Ertiga Hybrid dapat tambahan teknologi ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-Ion Battery yang diklaim menghasilkan konsumsi bahan bakar lebih efisien dibanding Ertiga versi non Hybrid. Lalu berapakah konsumsi bahan bakar rata-rata Suzuki Ertiga Hybrid?

Sayangnya, pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tak memberikan informasi terkait konsumsi bahan bakar Suzuki Ertiga Hybrid. Direktur Pemasaran 4W SIS, Donny Ismi Saputra, justru mempersilahkan awak media untuk mengujinya sendiri dalam sesi test drive yang akan digelar oleh Suzuki.

"Jadi pengujian konsumsi bahan bakar hasilnya itu bisa berbeda-beda tergantung proses, kondisi, dan juga beragam faktor. Maka dari itu kami akan sangat senang jika rekan-rekan media nantinya membatu kami dalam melakukan uji efisiensi (bahan bakar) dan membuktikan langsung dengan kondisi dan cara berkendara. Jadi dalam beberapa waktu mendatang kita akan melakukan media test drive dan kita bisa membuktikan efisiensi bahan bakarnya," terang Donny, di Jakarta, Jumat (10/6/2022).

Sebagai info, teknologi Hybrid di Ertiga dinamakan 'Suzuki Smart Hybrid'. Teknologi ini menggabungkan mesin bensin konvensional dengan tambahan ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-Ion Battery dengan spesifikasi 6 Ah 12 V.

Nah, ISG ini berfungsi sebagai motor dan generator yang menangkap dan kemudian menyimpan energi listrik ke Lithium-Ion Battery saat kendaraan melambat.

Energi listrik ini akan memberikan daya tambahan daya atau tenaga ke mesin saat akselerasi, juga akan menjaga komponen kelistrikan mobil tetap menyala saat mobil dalam posisi berhenti (engine auto start stop aktif), sehingga akan membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien karena tidak
terjadi proses pembakaran.

Suzuki All New Ertiga Hybrid tersedia dalam pilihan transmisi manual (MT) 5 percepatan dan otomatis (AT) 4 percepatan dengan dua tipe yaitu GX dan Suzuki Sport.

Berikut harga On The Road All New Ertiga Hybrid untuk wilayah Jakarta bulan Juni 2022:

- All New Ertiga Hybrid SS-AT: Rp 292.300.000

- All New Ertiga Hybrid SS-MT: Rp 281.300.000

- All New Ertiga Hybrid GX-AT: Rp 281.300.000

- All New Ertiga Hybrid GX-MT: Rp 270.300.000

(lua/riar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT