Toyota Vios Terbaru Tertangkap Kamera Sedang Diuji

ADVERTISEMENT

Toyota Vios Terbaru Tertangkap Kamera Sedang Diuji

Dina Rayanti - detikOto
Sabtu, 11 Jun 2022 13:24 WIB
Toyota Vios terbaru
Mobil yang diduga Toyota Vios terbaru wara-wiri di jalanan Thailand. Foto: Autolifethailand
Jakarta -

Sinyal kehadiran Toyota Vios terbaru makin kuat setelah sedan tersebut terlihat wara-wiri di jalanan Thailand. Meski tertutup kamuflase abstrak, media Autolifethailand mempercayai sedan itu adalah Vios generasi terbaru.

Toyota Vios yang di Thailand disebut Yaris, disebut akan mengalami ubahan total. Kabarnya lagi, sedan yang cukup favorit di kawasan Asia Tengaara itu bakal melakoni debut perdananya pada Agustus 2022 di Negeri Gajah Putih.

Santer disebut, Vios anyar akan dibekali dua pilihan mesin yakni mesin konvensional empat silinder berkapasitas 1.2L dan 1.5L hybrid. Mengapa hybrid? Karena pemerintah Thailand diketahui memberikan insentif untuk kendaraan elektrifikasi termasuk jenis hybrid. Tak heran mengapa Toyota C-HR dan Honda HR-V terbaru di Thailand hanya tersedia versi hybrid.

Mesin 1.5L hybrid pada Vios terbaru akan meminjam dari Toyota Prius versi Jepang. Mesin tersebut adalah 1.5L Dynamic Force tiga silinder yang mampu menghasilkan tenaga 91 PS dan torsi 120 Nm. Mesin dikombinasikan dengan dua motor listrik yang mampu menyemburkan tenaga 80 PS dan torsi 141 Nm. Kombinasi mesin hybrid itu juga digunakan pada Yaris versi Eropa dan Yaris Cross. Ini baru pertama kali Vios akan dibekali teknologi hybrid.

Sementara versi mesin konvensional 1.2L disebut hanya akan tersedia untuk pasar Thailand saja. Bila melihat bentuknya dari luar, Vios terbaru ini terlihat lebih besar. Ada juga yang mengatakan Vios terbaru akan dibangun menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Dua konsep itu adalah DN Multisix dan DN F Sedan.Mobil konsep Daihatsu DN F-Sedan yang dipajang di GIIAS 2017. Foto: Rangga Rahadiansyah

Di Indonesia, platform DNGA sendiri baru-baru ini digunakan pada Toyota Avanza, Toyota Veloz, Daihatsu Xenia, Daihatsu Rocky, dan Toyota Raize. Bodinya bisa jadi terinspirasi dari Daihatsu DN F-Sedan Concept yang dipamerkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.



Simak Video "Pakai Mesin City Hatchback RS, Seberapa Irit Honda City Sedan?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT