Tantang Toyota Vios dan Honda City, Sedan Blasteran Inggris-China Tawarkan Ini

Dina Rayanti - detikOto
Kamis, 07 Apr 2022 15:34 WIB
Brand mobil Inggris Morris Garage akhirnya mengumumkan harga jual MG 5 GT pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. Mobil bergaya Coupe 4 pintu yang sudah diperkenalkan sejak tahun ini akhirnya dijual mulai Rp 339,9 juta.
MG 5 GT siap beradu dengan Toyota Vios dan Honda City sedan. (Agung Pambudhy/detikOto)
Jakarta -

Segmen sedan masih diminati sebagian masyarakat Indonesia. Meski bukan merupakan segmen populer, nyatanya ada ragam sedan yang ditawarkan oleh sejumlah pabrikan di Tanah Air. Terbaru, ada sedan blasteran Inggris-China, Morris Garage (MG) 5 GT yang harganya baru diumumkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022.

Brand mobil Inggris Morris Garage akhirnya mengumumkan harga jual MG 5 GT pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. Mobil bergaya Coupe 4 pintu yang sudah diperkenalkan sejak tahun ini akhirnya dijual mulai Rp 339,9 juta.MG 5 GT paling murah dibanderol Rp 339,9 juta. Foto: Agung Pambudhy

MG 5 GT menyajikan 3 varian sedan untuk masyarakat Indonesia yakni Activate, Ignite, dan Magnify. Kalau melihat spesifikasi mesin yang ditawarkan, MG 5 GT akan berhadapan langsung dengan Toyota Vios dan Honda City.

Harga MG 5 GT, Toyota Vios, dan Honda City sedan

Dari sisi harga, MG 5 GT, Toyota Vios, dan Honda City cukup bersaing. Namun kalau melihat varian tertinggi, MG 5 GT lah yang paling termahal. MG 5 GT termurah ditawarkan mulai Rp 339,9 juta hingga yang tertinggi Rp 399,9 juta.

Sebagai perbandingan, Toyota Vios termurah dijual Rp 289,5 juta. Kemudian untuk varian tertinggi dibanderol Rp 321,8 juta. Kemudian Honda City hanya ditawarkan dengan satu varian dengan banderol Rp 365,4 juta.

New Toyota Vios 2018Vios menawarkan sedan yang termurah diantara ketiganya. Foto: dok. Toyota

Fitur MG 5 GT, Toyota Vios, dan Honda City sedan

Harga bukan satu-satunya modal yang ditawarkan MG 5 GT. Sebagai pendatang baru, MG 5 GT pun tidak datang dengan tangan hampa. Fitur keselamatan yang dihadirkan terbilang cukup lengkap seperti Full Space Frame, Electronic Parking Brake (EPB), Auto Vehicle Hold, ABS& EBD, Electronic Brake Assist (EBA), Electronic Differential System, Traction Control System, Stability Control System, Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal (ESS), Follow me Home Light, Rear Driver Assistance System, Blind Spot Detection, Lane Change Assist (LCA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Rear Collision Warning (RCW), Isofix, hingga 6 Airbag.

Beberapa fitur tersebut juga tersemat di rivalnya. Bahkan untuk airbag, Toyota Vios yang harganya lebih murah sudah mendapatkan airbag di 7 titik. Vios juga telah dilengkapi dengan HSA, VSC,sampai Isofix.

Kemudian untuk Honda City pun demikian. Honda City sedan memiliki airbag yang ditempatkan di 6 titik. Kemudian ada juga ESS, VSA, ABS+EBD+BA, Brake Override System, dan juga Isofix. Kalau melihat secara keseluruhan, fitur pada MG 5 GT lebih lengkap ketimbang kompetitornya. MG 5 GT juga memiliki electric sunroof yang justru absen pada dua rivalnya.

All New Honda City sedanSelain Vios, Honda City Sedan juga sudah menanti MG 5 GT. Foto: Dok. Honda Prospect Motor

Mesin MG 5 GT, Toyota Vios, dan Honda City sedan

Kini dari sisi mesin. MG 5 GT menggendong mesin DOHC 4 silinder yang bisa menghasilkan tenaga 114 PS pada 6.000 rpm dan torsi 150 Nm pada 4.500 rpm. Mesin itu dipasangkan dengan transmisi CVT 8 percepatan. Toyota Vios dibekali dengan mesin 1.5 DOHC Dual VVT-i yang sanggup menghasilkan tenaga 107 PS pada 6.000 rpm. Toyota menyandingkan mesin Vios itu dengan beberapa pilihan transmisi yakni manual 5 percepatan dan CVT 7 percepatan.

Berlanjut ke Honda City sedan juga mengusung mesin 1.5 DOHC i-VTEC+DBW dengan tenaga 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.300 rpm. Mesin Honda City dikawinkan dengan transmisi CVT.



Simak Video "Pakai Mesin City Hatchback RS, Seberapa Irit Honda City Sedan?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)