ADVERTISEMENT

Suzuki Ertiga Hybrid Meluncur di Indonesia, Harganya Bikin Panas Xpander-Avanza

Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 10 Jun 2022 10:33 WIB
Suzuki Ertiga Hybrid GX
Suzuki Ertiga Hybrid resmi diluncurkan oleh Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada Jumat (10/6/22) di Jakarta.(Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto)
Jakarta -

Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan Low MPV hybrid pertama di Indonesia, yakni All New Ertiga Hybrid pada Jumat (10/6/22) di Jakarta.

Kendati hadir dengan embel-embel 'all new', nyatanya Suzuki Ertiga Hybrid ini tetap mengusung mesin hingga sasis yang sama dengan Ertiga non hybrid.

Suzuki Ertiga Hybrid GXMesin Suzuki Ertiga Hybrid masih mengusung mesin K15B yang sama dengan Ertiga versi sebelumnya Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Suzuki masih mengandalkan mesin bensin 4-silinder berkode K15B. Mesin ini dikawinkan dengan fitur mild hybrid yang disebut dengan Suzuki Smart Hybrid.

Meski sudah mengusung teknologi hybrid, faktanya di atas kertas tenaga maksimal dari Suzuki Ertiga Hybrid tetap 104,7 PS di 6.000 RPM dan torsi 138 Nm di 4.400 RPM.

Secara umum, teknologi hybrid di Suzuki Ertiga Hybrid ini mirip dengan kepunyaan Ertiga Diesel yang sudah hadir lebih dulu. Namun kali ini, Suzuki Smart Hybrid yang ditanamkan di Ertiga lebih 'smart' dengan bantuan baterai lithium ion.

Suzuki tak repot mengubah sasis untuk memasangkan baterainya. Sebab baterai lithium ion berkapasitas 6 Ah 12 Volt ini ditanam Suzuki di bawah jok penumpang depan.

Suzuki Ertiga Hybrid GXBaterai lithium ion berkapasitas 6 Ah 12 Volt ini ditanam Suzuki di bawah jok penumpang depan. Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Sebagai mild hybrid, tentu bantuan listrik ke mesin bensin di Ertiga Hybrid ini tidak terlalu besar. Sederhananya, daya dari baterai akan bergerak menuju ISG (Integrated Starter Generator) untuk dilanjutkan ke mesin bensinnya.

Dari ilustrasi singkat ini, tentu kita dapat memprediksi bahwa hybrid di Suzuki Ertiga Hybrid ini tidak akan membuat mesin lebih bertenaga. Klaimnya, bantuan listrik ini hanya bekerja di tarikan bawah ke tengah, agar membantu mesin lebih efisien ketika harus stop n go.

Dikarenakan basis Suzuki Ertiga Hybrid ini masih sama dengan Ertiga non hybrid, tak heran dimensinya identik. Panjang total Ertiga Hybrid di 4.395 mm, lebarnya 1.735 mm, dan tingginya 1.690 mm. Sedangkan untuk panjang sumbu rodanya di 2.740 mm dengan ground clearance 180 mm.

Suzuki Ertiga Hybrid SSSuzuki Ertiga Hybrid menjadi LMPV dengan teknologi hybrid pertama di Indonesia Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Harga Suzuki Ertiga Hybrid

Suzuki Ertiga Hybrid tak hanya menjadi LMPV dengan teknologi hybrid pertama di Indonesia, namun juga menjadi mobil hybrid dengan harga yang terjangkau.

Sebagai LMPV, Suzuki Ertiga Hybrid akan bertarung langsung dengan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, hingga Mitsubishi Xpander. Dengan banderol harga mirip-mirip dengan rivalnya, yakni di Rp 200 hingga Rp 300 jutaan, Ertiga Hybrid tentu hadir dengan nilai plus di sektor hybrid-nya.

Perlu diketahui, saat ini Toyota secara resmi menjual All New Avanza di kisaran Rp 233 hingga Rp 295 jutaan. Sedangkan Mitsubishi menjual Xpander dengan harga Rp 262 hingga Rp 307 jutaan.

Suzuki menghadirkan sistem hybrid-nya di empat tipe Ertiga, yakni GX-MT, GX-AT, SS-MT, hingga SS-AT. Namun secara desain, tampilan Ertiga Hybrid ini masih terkesan serupa dengan Ertiga terdahulunya.

Berikut daftar harga Suzuki Ertiga Hybrid:

  • All New Ertiga Hybrid SS-AT Rp292.300.000
  • All New Ertiga Hybrid SS-MT Rp281.300.000
  • All New Ertiga Hybrid GX-AT Rp281.300.000
  • All New Ertiga Hybrid GX-MT Rp270.300.000

*harga OTR DKI Jakarta

(mhg/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT