ADVERTISEMENT

Toyo Ikutan Produksi Ban Mobil Tanpa Angin

Tim detikOto - detikOto
Senin, 06 Jun 2022 21:05 WIB
Toyo Mulai Kenalkan Ban Tanpa Angin
Ban Toyo tanpa Angin Foto: Pool (doc. Toyo)
Jakarta -

Ban tanpa udara alias angin memang sudah mulai diperkenalkan sejak beberapa dekade terakhir. Kini giliran produsen ban asal Jepang, Toyo yang mulai memperkenalkan ban tanpa angin.

Dikutip motortrend, semakin maraknya kendaraan listrik, dengan percepatan EV datang ke pasar, pembuat Toyo Tires sedang mencari cara untuk mendorong teknologi ban tanpa udara yang disapa 'Noair'. Produk ini dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan ban yang lebih efisien untuk kendaraan listrik.

Dijelaskan, ban tanpa udara ini ke depannya dinilai memiliki banyak keuntungan. Sebut saja tidak pernah kempes saat bocor, dan masih dapat dikendarai dengan nyaman. Bahkan ban tanpa angin atau udara ini tidak memerlukan perawatan, lebih hemat bahan bakar dan energi untuk kendaraan apa pun, bertenaga listrik atau tidak.

Toyo mengklaim ban tanpa angin juga menjadi jalan keluar penggunaan bahan material berlebih. Seperti penggunaan komposit plastik dan fiberglass untuk membuat struktur pendukung ban menampung udara. Sehingga ban tanpa udara ini lebih menggunakan lebih sedikit karet.

Meski demikian, ban tanpa angin bukan tanpa kendala bagi kendaraan, terlebih untuk kendaraan listrik. Karena saat ban kehilangan udara, ban menjadi lebih rata dan lebih banyak tapak yang menyentuh jalan. Pelebaran tapak ban ini menciptakan lebih banyak traksi pada mobil berperforma tinggi, tetapi juga menghasilkan tahanan gelinding yang lebih tinggi pada ban.

Toyo Mulai Kenalkan Ban Tanpa AnginToyo Mulai Kenalkan Ban Tanpa Angin Foto: Pool (doc. Toyo)

Hal tersebut menurunkan efisiensi kendaraan secara dramatis, dan berdasarkan Departemen Energi AS mengatakan bahwa 4-11 persen energi yang digunakan dalam kendaraan bermesin pembakaran internal (ICE) digunakan untuk mengatasi hambatan gelinding. Sedangkan untuk EV, angka itu berbeda terbalik, dijelaskan ban tanpa angin bisa bermanfaat hingga 25 persen dan berarti ban tanpa udara akan menjadi komponen penting untuk efisiensi energi EV maksimum.

"Dengan EV (menggunakan ban tanpa udara untuk mobil listrik)," jelas Toyo.

"Mesin diganti dengan motor dan bobot baterai juga ditambahkan, kapasitas dukung beban meningkat. Artinya, perlu meningkatkan daya tahan ban. Jika produsen ban dapat mengetahui cara membuat ban lebih tahan lama dan bekerja dengan EV, peningkatan efisiensi energi dan jangkauan akan agak drastis. Sekali lagi, mengacu pada Departemen Energi A.S., hanya pengurangan 10 persen dalam hambatan gelinding akan menghasilkan keuntungan sebesar 3 persen dalam efisiensi energi," tulis Toyo.

Toyo Mulai Kenalkan Ban Tanpa AnginToyo Mulai Kenalkan Ban Tanpa Angin Foto: Pool (doc. Toyo)

"Dibandingkan dengan ban pneumatik, ban tanpa udara menggunakan lebih sedikit karet. Kami merasa bahwa ban tanpa udara memiliki potensi sebagai inisiatif menuju netralitas karbon. Namun, tujuan Toyo adalah menjauh dari resin termose seperti yang biasanya digunakan dalam fiberglass, menjadi resin termoplastik, seperti yang biasanya...," Toyo menambahkan.



Simak Video "Cara Merawat dan Tekanan Angin Ban Serep Mobil"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT