6 Tips Merawat Electric Power Steering: Jangan Diputar saat Mesin Mati

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 31 Mei 2022 09:32 WIB
Sekolah Mengemudi
Ada beberapa hal yang haram dilakukan oleh pengemudi mobil dengan electric power steering Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Mobil jaman sekarang sudah dilengkapi dengan Electronic Power Steering (EPS) atau power steering elektrik. Terdapat kebiasaan yang sebaiknya dihindari supaya menjaga keawetan EPS. Simak yuk!

Dalam siaran persnya, Auto2000 menyebut perawatan EPS lebih mudah dari power steering hidraulis. Sebab, EPS menggunakan sistem elektrik dan dikontrol dalam sebuah modul. Tapi EPS beresiko mengalami gangguan jika pengemudi kurang apik dalam mengontrol mobil.

Berikut ini tips untuk merawat EPS dan kebiasaan yang berpotensi merusak.

1. Hindari melibas jalan rusak dalam kecepatan tinggi

Hindari menerjang jalan rusak dalam kecepatan tinggi, sebab bisa merusak komponen, di antaranya poros dan boot rack steer yang berada di kolong mobil dan berhubungan dengan mekanisme EPS.

2. Setir terasa berat? perhaikan kondisi karet boot rack steer

Pastikan karet rack steer (rumah setir) tidak robek karena merupakan pintu masuk kotoran dan air. Kalau kondisinya sudah ada retakan, sebaiknya dilakukan penggantian. Jika dibiarkan, dapat membuat rumah kemudi cepat rusak akibat air, debu dan kotoran masuk ke rumah setir dan mengakibatkan poros kemudi berkarat. Indikasi as rumah setir sudah kotor atau berkarat adalah ada suara ketika kemudi diputar, selain itu setir terasa lebih berat ketika diputar.

3. Jangan paksa lewat banjir

Pada beberapa model kendaraan, motor listrik EPS berada di kolom setir bagian bawah. Jika air merendam, motor listrik bisa rusak dan harus diganti. Ada juga model lain yang meletakkan motor listrik EPS di bagian dalam kabin sehingga relatif aman ketika melewati genangan air. Anda bisa memastikan posisi motor listrik EPS di buku manual kendaraan atau bertanya kepada service advisor bengkel.

4. Perhatikan Sistem Kelistrikan dan Aki Mobil

Sumber tenaga utama dari EPS adalah listrik mobil yang aktif sepanjang mesin mobil dinyalakan. Jika aki tekor maka pengendalian kemudi akan terasa berat karena EPS akan mengalami malfungsi. Kalau dibiarkan, akan merusak komponen EPS yang membutuhkan daya listrik yang stabil dan kuat. Termasuk pula memperhatikan kondisi alternator sebagai penyuplai utama tenaga listrik ketika mesin dinyalakan.

5. Jaga Keawetan Komponen Mekanis EPS

Tips ini berguna untuk menjaga keawetan komponen mekanis yang masih ada pada EPS. Usahakan untuk tidak melakukan manuver yang membuat putaran kemudi sampai mentok keras ke arah kanan atau kiri. Meskipun sepele, kinerja power steering menjadi lebih berat sehingga usia pakainya menurun. Hindari pula kebiasaan memutar kemudi pada saat mesin kendaraan mati lantaran tidak ada arus listrik pada EPS. Selain itu, parkirkan kendaraan dalam keadaan ban lurus dan jangan berbelok.

6. Merawat Modul EPS

Modul EPS merupakan pengolah data dari sensor sudut putaran setir untuk memerintahkan sistem EPS. Komponen ini jarang mengalami masalah karena posisi modul umumnya terdapat di bagian dalam dasbor. Tapi jika rusak, maka setir mobil tidak akan berfungsi sama sekali.



Simak Video "Komponen Vital! Ini Cara Merawat Electric Power Steering di Mobil"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)