Ini Penyebab AC Mobil Tetiba Mengeluarkan Suara Berisik

ADVERTISEMENT

Ini Penyebab AC Mobil Tetiba Mengeluarkan Suara Berisik

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Minggu, 29 Mei 2022 08:50 WIB
Jakarta -

AC merupakan salah satu fitur wajib yang dimiliki oleh mobil saat ini. Namun, jika tidak dirawat dengan baik AC juga bisa menimbulkan masalah seperti timbul suara berisik yang mengganggu pendengaran.

Masalah ini kerap kali dihadapi oleh pemilik mobil di atas lima tahun. Biasanya, bunyi berisik pada AC akan hilang jika AC dimatikan dan kompresor berhenti bekerja.

Tentunya ada sejumlah faktor yang menyebabkan timbul suara berisik dari AC mobil. Agar tidak bingung dan merasa cemas, berikut ini beberapa penyebab kompresor AC mobil mengeluarkan suara berisik seperti yang dikutip dari situs Auto2000.

1. Komponen AC Tidak Terpasang Presisi

Komponen mesin AC memang bisa saja dipasang sendiri. Akan tetapi, pemasangan yang kurang tepat atau tidak presisi akan menyebabkan kompresor AC mobil berisik. Ini dikarenakan adanya bagian yang masih longgar. Bagian longgar tersebut kemudian membuat AC mobil bergetar menimbulkan suara berisik.

2. Terjadi Gesekan di Dalam Mesin AC Mobil

Bunyi berisik yang dikeluarkan oleh kompresor kemungkinan besar berasal dari gesekan antara dua komponen. Kemungkinan penyebabnya ada dua, yaitu piston kehabisan oli atau mesin AC yang aus karena usia penggunaannya sudah cukup lama.

Hal ini menyebabkan mesin jadi bekerja lebih berat dari biasanya. Kalau masalahnya adalah oli, maka bisa dilakukan penambahan atau penggantian. Sedangkan untuk masalah mesin aus, maka bisa diganti dengan komponen baru.

3. Terjadi Kebocoran di Saluran AC Mobil

Terkadang masalah kompresor AC mobil berisik penyebabnya bukan langsung dari komponen tersebut, melainkan bagian lain. Contohnya kebocoran pada saluran AC yang menyebabkan freon lebih cepat terkuras habis dan olinya pun ikut cepat berkurang.

Bila oli cepat habis, maka akan terjadi gesekan pada bagian piston. Gesekan inilah yang kemudian menyebabkan bunyi berisik dari sistem pendinginan kabin kendaraan.

Peranti pendingin udara (AC) mobil memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting dalam menciptakan kenyamanan berkendara, oleh karena itu perlu perhatian dan kemauan untuk meerawatnya.Peranti pendingin udara (AC) mobil memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting dalam menciptakan kenyamanan berkendara, oleh karena itu perlu perhatian dan kemauan untuk meerawatnya. Foto: Pool (Bornrich)

4. Terdapat Benda Asing

Jangan anggap remeh benda apa pun yang masuk ke bagian kabin mobil, terutama benda kecil seperti daun kering, pecahan benda asing, sisa-sisa makanan, atau bahkan kerikil kecil. Sebab, benda-benda tersebut bisa saja tanpa disadari masuk ke komponen AC sehingga menyebabkan kompresor berbunyi.

Masuknya benda asing ke sistem AC sudah pasti akan menghambat kinerjanya. Tidak menutup kemungkinan benda ini bergesekan dengan bagian dari AC.

5. Kompresi pada Kompresor Menghilang

Penyebab selanjutnya dikarenakan kemampuan kompresinya sudah hilang. Fungsi kompresor di dalam AC adalah sebagai pemompa udara dari bagian freon ke kondensor. Jika kinerjanya melemah, maka udara yang dipompa ke kondensor juga otomatis melemah.

Hal ini pun menimbulkan suara berisik dari sistem pendinginan kabin kendaraan dan bahkan bisa saja menyebabkan AC tidak dingin sama sekali. Maka dari itu, jika timbul bunyi tak wajar dan AC hanya mengeluarkan udara panas lebih baik segera dibawa ke bengkel untuk mendapat perbaikan.

6. Magnetic Clutch Bermasalah

Magnetic clutch adalah bagian penting dari komponen AC yang berfungsi sebagai penghubung antara mesin dengan kompresor. Jika bagian ini bermasalah, maka dapat dipastikan bahwa kinerja seluruh sistem AC tak akan maksimal.

Sebagai contoh adalah kompresor AC mobil berisik, tidak terasa ada udara dingin, atau keluar hawa panas. Kerusakan pada magnetic clutch sudah jelas akan menghambat fungsi kompresor mengingat bagian ini adalah penghubung langsung dengan mesin mobil.

Dalam beberapa kasus, penyebab kompresor AC mobil berisik memang bisa diperbaiki. Namun lain hal jika kerusakannya parah atau bagian yang rusak bersifat krusial, maka perbaikan tidak akan mengembalikan fungsinya. Lebih baik mengganti kompresor AC rusak dengan yang baru agar berkendara makin nyaman dan tidak terganggu dengan suara berisik.

(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT