ADVERTISEMENT

Siapin Tabungan! Mobil Listrik Nissan Harga Rp 200 Jutaan Bakal Masuk Indonesia

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 05 Jun 2022 07:00 WIB
Nissan Sakura
Nissan tak menampik kemungkinan mobil listrik Rp 200 jutaan diboyong ke Indonesia.Foto: Nissan
Jakarta -

Mobil listrik Nissan Sakura baru saja meluncur di Jepang dengan banderol harga cukup terjangkau. Nah kabar baiknya, mobil listrik Nissan yang harganya Rp 200 jutaan itu sangat besar kemungkinannya untuk dijual di Indonesia.

Nissan Sakura merupakan Kei Car alias mobil mungil bertenaga listrik yang dibuat untuk pasar Jepang. Mobil ini memiliki kapasitas 4 penumpang dan memakai teknologi dari Nissan Leaf.

Di Jepang, Nissan Sakura dijual dengan harga mulai 1,78 juta yen atau setara Rp 204 jutaan bila dapat subsidi kendaraan ramah lingkungan sebesar 550.000 yen yang kalau dirupiahkan sebesar Rp 63 jutaan.

Ada tiga varian Nissan Sakura yang dijual di Jepang, yakni S, X, dan G dengan harga ritel diperkirakan mulai 2.333.100 yen Rp 267 jutaan sampai varian yang tertinggi 2.940.300 yen, yang setara Rp 337 jutaan.

Direktur Sales dan Marketing, PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI), Tan Kim Piauw, memberikan sinyal mobil itu juga akan masuk ke pasar Indonesia. Tan berharap bisa menjual Nissan Sakura di Indonesia. Peluang itu sangat besar mengingat branding Nissan di Indonesia terkenal dengan kendaraan listriknya.

"Itu salah satu harapan kita ya, mudah-mudahan (bisa terwujud). Karena Nissan Indonesia juga mendukung pemerintah menuju elektrifikasi," kata Tan kepada wartawan di Jakarta (2/6/2022).

"Jadi seperti yang saya sampaikan, ke depan kita akan membawa lebih banyak mobil listrik dengan (berbagai) teknologi, (baik) e-power, maupun teknologi baterai seperti (Nissan) Leaf, nah salah satunya sangat memungkinkan juga (Nissan) Sakura ini (kita bawa ke Indonesia) ya. Tapi tentu perlu waktu, karena mereka juga baru launching di Jepang ya. Kita masih bicarakan sama mereka," bilang Tan.

Sebagai informasi, Nissan Sakura mengusung motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 47 kW dan torsi 195 Nm. Sakura disebut mampu berakselerasi dengan cepat dan stabil. Teknologinya diambil dari pengembangan Leaf selama lebih dari satu dekade. Dengan begitu, Sakura memiliki tingkat kesunyian kabin yang sangat baik. Dalam pengujian yang dilakukan Nissan, Sakura memiliki jarak tempuh hingga 180 km.

Mobil listrik mungil itu memiliki tiga mode berkendara yakni Eco, Standar, dan Sport yang bisa disesuaikan dengan kondisi jalan. Menggunakan e-Pedal, pengendara bisa berakselerasi sekaligus deselerasi hanya dengan menginjak serta melepas pedal.

Saksikan Juga Sosok Minggu Ini: Kisah Dedy Delon, Air Mata di Balik Tawa Panglima Badut Indonesia

[Gambas:Video 20detik]



(lua/dry)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT