Spesifikasi Mobil Listrik Rp 200 Jutaan Nissan, Cocok Buat Sehari-hari

Dina Rayanti - detikOto
Sabtu, 21 Mei 2022 17:30 WIB
Nissan Sakura
Nissan Sakura, mobil listrik Rp 200 jutaan yang cocok untuk digunakan harian. Foto: Nissan
Jakarta -

Kehadiran Nissan Sakura cukup mencuri perhatian. Salah satu daya tarik yang disajikan adalah harganya. Untuk sekelas mobil listrik, harga Nissan Sakura bisa dibilang cukup terjangkau.

Dalam keterangan resminya, Nissan mengklaim mobil listrik Sakura bakal dijual mulai 1,78 juta yen yang kalau dirupiahkan setara dengan Rp 204 jutaan, sudah termasuk pajak dan subsidi kendaraan ramah lingkungan sebesar 550.000 yen.

Nissan juga memberikan harga rekomendasi ritel Nissan Sakura. Ada tiga varian Nissan Sakura yang ditawarkan di Jepang yakni S, X, dan G dengan harga ritel diperkirakan mulai 2.333.100 yen Rp 267 jutaan sampai yang tertinggi 2.940.300 yen yang setara Rp 337 jutaan.

Hal menarik lainnya adalah jarak tempuh yang disajikan. Meski ukurannya mungil, Nissan Sakura memiliki jarak tempuh hingga 180 km. Maka dari itu, Nissan mengklaim Sakura pas digunakan sebagai kendaraan harian.

Sekadar informasi, Nissan Sakura menggendong baterai Lithium-ion dengan kapasitas 20 kWh. Berkat baterai itu, Nissan Sakura mampu menyemburkan tenaga 47 kW dan torsi 195 Nm. Kecepatan maksimumnya mencapai 130 km/jam.

Baterainya bisa diisi ulang dalam waktu 8 jam. Bila menggunakan quick charge, maka pengisian baterai hanya memakan waktu 40 menit. Nissan Sakura memiliki dimensi panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, tinggi 1.655 mm, dan jarak sumbu roda 2.495 mm. Bobotnya hanya 1.070-1.080 kg dengan kapasitas bagasi 107 liter.

Nissan Sakura mengusung berbagai fitur. Di eksterior, terdapat lampu depan berupa projector-type triple beam yang dapat meningkatkan visibilitas di malam hari. Kemudian di bagian belakang terdapat lampu rear combination LED. Desain velgnya mengusung bahan aluminum dengan desain khas Jepang. Charging portnya terletak di bagian belakang kanan Sakura.

Masuk ke bagian interior tersaji layar Advanced Drive Assist Display berukuran 7 inchi. Kemudian ada juga layar navigasi berukuran 9 inchi yang terletak di posisi tengah dan sudah terkoneksi dengan NissanConnect.

Joknya diklaim senyaman sofa dan mengusung material fabric. Dari sisi fitur, Nissan menyematkan ProPILOT yang sudah dilengkapi dengan sistem ProPILOT Park. Sistem ini memungkinkan mobil untuk mengontrol setir, berakselerasi, mengerem, mengaktifkan rem tangan secara otomatis ketika sedang parkir.

Ada tiga mode berkendara yang ditawarkan Nissan Sakura yakni Eco, Standardm dan Sport untuk digunakan pada situasi berbeda. Pengoperasiannya juga cenderung mudah dengan satu pedal. Keseluruhan fitur yang tersemat itulah membuat Nissan Sakura cocok digunakan untuk menemani kegiatan harian.



Simak Video "Harganya Rp 200 Jutaan! Ini Wujud Mobil Listrik Baru Nissan"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)